Happy Chinese New Year 2565!! Gong Xi Fa Cai!!

Sebelum memulai posting, saya minta maaf bulan kemarin tidak ada posting karena kesibukan kerja. Hari ini saya akan membahas “The King of All Exercise”. Squat adalah gerakan angkat beban yang sangat saya rekomendasikan untuk pemula maupun gym rats yang udah berpengalaman karena manfaatnya.

Mulai dari Bodybuilder, Powerlifter, Mixed Martial Artists, atau siapapun termasuk pemula sangat direkomendasikan untuk memuat squat kedalam repertoire latihan setidaknya sekali seminggu.

Beberapa alasan squat berguna:

1. Otot Quadriceps (paha) adalah otot terbesar di tubuh manusia, dengan melatih squat, otot besar ini akan memperbaiki diri sendiri dengan membakar kalori lebih (termasuk lemak yg menimbun dipaha, perut maupun pantat)

2. Otot yang terlatih oleh squat termasuk pantat, betis, paha dan perut. dan ini adalah dasar untuk membentuk badan yang terlihat lebih kok0h

3. Squat membuat anda jauh lebih seksi

4. Squat sangat efisien, anda tidak perlu sibuk melakukan ratusan crunch atau lari setengah jam untuk menguras tenaga dan squat memiliki efek fat-burning+muscle building yang jauh lebih besar.

Maafkan gambarnya, tp ini adalah rekomendasi untuk semua orang, wanita, pria yang kelebihan lemak, atau anda wanita yang ingin implan silikon, pikir pikir lagi. Kesalahan operasi bentuknya mengerikan, tapi badan yang dibentuk oleh squat kelihatan natural dan padat. Khususnya wanita yang menimbun lemak di paha dan pantat, anda harusnya mengerti apa maksud saya.

Ada beberapa jenis squat, Front Squat, Dumbbell Squat, Squat Thrust ataupun variasinya, tapi saya merekomendasikan Back Squat, perut anda juga terlatih (meskipun tidak se-intens Front Squat), namun anda akan mendapatkan benefitnya.

Perhatikan beberapa hal dalam Squat:

1. Barbell

Gunakan barbell, jika anda belum cukup kuat, pakai dumbbell. tapi jangan banyak alasan, barbell kosong hanya sekitar 17-27kg saja. Letakkan dibelakang kepala, dibawah leher tapi tidak terlalu rendah, sekitar 3-4cm dari otot trapezius (pundak anda).

2. FULL SQUAT

ANDA HARUS FULL SQUAT, yang artinya, dibawah parallel. posisi pantat harus lebih rendah daripada lutut baru anda secara eksplosif menaikkan beban keatas.

3. Posisi badan

Busungkan dada, kunci pinggang, dan biarkan sedikit otot perut menahan bebannya sementara otot kaki dan pantat menggunakan tenaga.

4. Nafas

Buang nafas ketika beban diangkat, ketika mau turun hirup sebanyak banyaknya dan tahan nafas sampai barbell naik keatas.

Tambahkan beban seiring latihan dan anda akan melihat hasilnya.

Semoga bermanfaat.😀