Selamat hari raya idul adha!! mohon maaf lahir batin ya. hari ini akan dibahas tentang daging merah, dan kandungan gizinya, mumpung masih idul adha.

Daging merah adalah salah satu sumber protein terbaik untuk anda yg rajin berolahraga atau pengen bentuk badan yg komposisinya bukan 70% lemak. Anyway, yg menyebabkan daging berwarna merah adalah mioglobin, protein yang fungsinya menyimpan oksigen tepat dalam jaringan otot.

Anyway, kegunaan daging merah, langsung saya paparkan saja.

1. Protein

per 100gr daging merah (sapi), anda mendapatkan 25-35gr protein (tergantung seberapa berotot/sehat sapinya), dan bersifat lebih cepat serap ketimbang protein dari kacang kacangan/gandum. Ada alasannya kenapa bodybuilder tiap hari makan daging merah.

2. Vitamin

Daging merah memiliki vitamin B dan D, termasuk riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6 dan vitamin B12. Vitamin B12 dibutuhkan untuk membantu kerja sistem saraf otak, kemampuan berkonsentrasi dan mengingat. Vitamin D dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi dan penyerapan kalsium.

3. Mineral

Zat besi (Fe). Zat besi dari daging merah sangat tinggi. Mineral ini dibutuhkan untuk menghantarkan oksigen, membentuk energi dan sel-sel otak. Khususnya anda yg menderita kekurangan darah, daging merah sangat dianjurkan.

Daging merah juga mengandung asam lemak omega-3. Daging merah menduduki posisi ke-2 sebagai sumber asam lemak omega-3, setelah ikan laut. Di dalam 150 mg daging merah ada sekitar 30 mg asam lemak omega-3, dibutuhkan untuk membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat dan hati, termasuk perkembangan otak loh.

Mineral lainnya adalah selenium. Zat antioksidan yang membantu meningkatkan kekuatan sistem imun, supaya ga gampang sakit atau lemes.

Mau diolah menjadi rendang atau di grill, daging sapi emang luar biasa enak, hati hati kelebihan konsumsinya, kolestrol nya lumayan banyak. Ingat untuk makan timun juga sebagai zat anti-karsinogenik ya.

Semoga infonya bermanfaat.