Pernah dengar yang namanya Compound Movements? jika anda lama di dunia kesehatan, kemungkinan besar anda sudah pernah dengar. Tapi ketika anda sibuk melakukan bodybuilding murni, kemungkinan anda hanya mendengar sesuatu yang disebut dengan Isolasi. Nah, hari ini akan dibahas lebih detil lagi tentang apa itu compound movements.

Mulai dari Powerlifter, Bodybuilder modern, dan Crossfitter SEMUANYA melakukan compound exercises/movements. Anda yg dari kemarin masih sibuk melakukan concentration curl atau tricep pushdown mungkin perlu mendengar apa yang akan saya jelaskan sekarang.

Nah, sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, saya mau anda mengingat ini. Compound Movements memproduksi hormon testosteron yg JAUH lebih banyak daripada melakukan gerakan isolasi. ingat ini baik baik.

Produksi hormon testosteron berhubungan erat dengan pengurangan jumlah lemak ditubuh, kesehatan organ seperti jantung, hati dan organ vital lainnya, serta pembangunan otot. berlaku juga untuk wanita, meskipun hormon testosteron di wanita 20x lebih sedikit dari pria, tapi manfaatnya tetap terasa (tidak perlu takut besar seperti kuli, baca postingan saya tentang wanita dan gym).

Nah, Compound Movement sendiri secara harafiah berarti gerakan yg meliputi lebih dari satu, nah dalam konteks olahraga, compound artinya meliputi lebih dari 1 jenis otot. Contoh gampangnya, anda melakukan Pull-up; Pull-up melatih bisep dan semua otot lat anda (latissimus dorsi, rhomboid, teres). maka pull-up dianggap sebagai compound movements.

Contoh Compound movements lainnya: Squat, Deadlift, Thruster, Snatch, Clean and Jerk, Kettlebell Swings, Bench Press, Turkish Get-up, Plank dan masih banyak lagi.

Kalo Isolasi, adalah gerakan yg HANYA melatih satu jenis otot saja, misalnya tricep pushdown atau concentration curl (google image aja kalo mau tau maksud saya). Intinya, gerakannya membuat satu otot saja yg bekerja.

Keunggulan Compound Movements adalah, dengan merobek otot yg besar (biasanya compound movements melatih seluruh badan), maka otot besar akan tumbuh lebih cepat dan menghasilkan otot yg lebih kokoh, dan mempercepat pembakaran kalori.

Jika anda bermasalah dengan lemak berlebih diperut ataupun kenapa berat badan masih ping-pong dan belum nampak otot, mungkin anda perlu melakukan lebih banyak compound movements. untuk pertama tidak perlu sulit, minimal anda rajin squat dan deadlift. ada alasan besar kenapa para powerlifter melakukan squat dan deadlift, efektifitas.

Semoga bisa dijadikan bahan referensi untuk anda yg rajin latihan. Semoga Bermanfaat😀