Sebentar lagi Ramadhan selesai, AKHIRNYA!! Mohon maaf lahir batin ya, semoga puasa tahun ini berkah.  Traffic blog udah diatas 50,000 reps. semoga tahun depan blog ini bisa memberikan lebih banyak manfaat.

Anyway, hari ini saya akan membahas tentang penanganan cedera otot (yang merupakan pelajaran yg penting), tp ingat penanganan cedera dalam konteks cedera ringan (terkilir dan bengkak), bukan ketika cedera memerlukan ahli (patah, fraktur, dislokasi atau lain-lainnya). Cedera ringan bisa terlihat dengan kondisi otot yg terluka, apakah cuma nyeri, atau bergerak menjadi sulit dan bengkak.

Ketika cedera tidak berkurang sedikitpun dalam skala waktu 48 jam, anda harus menemui dokter. Metode kompres yg saya ajarkan hari ini hanya ditujukan untuk cedera ringan.

Metode penanganan dasar cedera adalah RICE:

1. Rest

istirahatkan bagian yg sakit, hentikan apapun aktivitas olahraga/kerja yg sedang dilakukan.

2. Ice

Kompres dengan es bagian yg sakit (akan dijelaskan lebih lanjut)

3. Compress

Metode lanjut untuk mempercepat penyembuhan dengan membungkus bagian yg sakit dgn bandage/compression garment.

4. Elevate

Mengangkat bagian yg sakit ketika beristirahat (misalnya pergelangan kaki atau lutut dengan meletakkan 2-3 bantal dibawahnya)

Nah, hari ini saya akan berfokus ke Kompres, khususnya kompres dengan es. Ketika sebuah otot cedera, badan akan merespon dengan memperbanyak aliran darah ke tempat yg sakit, es berperan untuk memperlambat aliran darah yg masuk ke bagian sakit untung mencegah bengkak dan mengurangi rasa sakit.

Jika anda tidak memiliki tempat kompres, gunakan handuk tipis atau bungkusan plastik, anda juga bisa menggunakan isolasi/perekat seperti digambar dengan plastik es. JANGAN menaruh es tanpa alas apa apa diatas kulit.

Es bekerja dengan sangat efektif untuk penanganan pertama, tapi setelah 15-20 menit (paling lama) anda memberikan kompres es, biarkan badan mengatur aliran darah secara alami lagi. jangan terlalu berlebihan memberikan kompres karena kulit bisa rusak dan ada kemungkinan frostbite/radang beku.

Sedikit informasi penting terhadap kompres:

1. Es sangat efektif dalam mengatasi cedera sendi.

2. Kompres Es mempercepat masa penyembuhan

3. Cedera yg bersifat radang/panas juga mampu dihilangkan rasa sakitnya dengan kompres es

4. Kompres Es juga membantu mengatasi luka bakar jika tidak ada pertolongan lain sementara

5. Lakukan 2-3x kompres sehari ketika anda memiliki cedera jika rasanya butuh.

6. Apapun alasannya, sebaiknya jangan memberikan kompres es ke otot sebelum olahraga. kemungkinan cedera akan naik berkali-kali lipat karena otot menjadi kaku.

7. Kompres panas memiliki sifat terbalik dengan kompres es, yaitu mempercepat peredaran darah, gunakan untuk mengatasi memar.

Ketika cedera sudah mulai menghilang, anda bisa memberikan pijetan ringan untuk mempercepat proses penyembuhan (misalnya yg sakit adalah otot paha/bisep). Tapi ingat! khusus di bagian sendi, JANGAN mau diurut, apalagi dibawa ke tukang urut, anda hanya akan memperlama masa penyembuhan, istirahatkan saja, dan dalam beberapa hari, sendi akan sembuh sendiri. Anda bisa memberikan koyo, tapi tidak lebih dari itu.

Jika anda ingin riset lebih lanjut, saya akan memberikan link-nya

1. Ice’s healing properties

2. Should we Ice injuries?

3. RICE

4. Ice or Heat for faster healing

5. manfaat kompres es dan kompres panas

6. Kompres Es dan Kompres Panas

Selamat Hari Raya Idul Fitri, jangan kebablasan makan/minumnya. Semoga Bermanfaat ya😀