Ada banyak gerakan yg dilupakan di dunia fitness ataupun olahraga, nah karena belakangan ini saya baru memulai crossfit (nanti saya cari waktu untuk update ttg crossfit). saya mau bercerita tentang gerakan favorit saya di gym. DEADLIFT.

Namanya serem banget ya? gerakannya juga keliatan serem. tp deadlift sangat bermanfaat, sayang sekali banyak orang yg memasuki dunia gym banyak melakukan kesalahan ataupun tidak pernah ingin mencoba gerakan deadlift. Pada dasarnya, deadlift adalah salah satu dari tiga parameter kekuatan anda, termasuk didalamnya squat dan benchpress.

Supaya nggak kelihatan memble dan bodoh saat melakukannya, biar saya berikan beberapa tips dasar untuk melakukan deadlift seperti professional.

Kece kan ceweknya lagi deadlift? ini pemandangan dari crossfit tuh, jadi ada beberapa panduan dasar dalam melakukan deadlift:

1. grip nya boleh overhand atau underhand (mau tangan paralel ataupun kyk cewek yg digambar atas itu semuanya ga masalah, punggung anda nggak akan besar sebelah kok

2. deadlift sebaiknya dimulai dari beban dilantai, mau top-down (naik turun ga sampe ke lantai bebannya ditarik lagi) juga gapapa, cuma saran saya ya dari lantai aja. kalau yg punya gym marah marah, pindah ke gym lain yg bisa main hardcore!!

3. kaki jangan terlalu dilebarkan, ini bukan squat!

4. kepala jangan liat cermin terus, badan anda nggak bakal kemana-mana kok. bercermin lah kalau sudah selesai (kalau masih mau).

5. DENGAN ALASAN APAPUN, JANGAN membungkukkan badan anda. busungkan dada anda dan kunci pinggangnya, atau anda akan cedera. no joke.

6. gunakan bantuan pinggang depan (hip) seperti anda ingin memamerkan perut anda kedepan semua teman teman anda kalaupun anda pernah mabuk, bayangkan anda ingin melempar perut anda kedepan sambil menggunakan otot punggung juga. dengan membayangkan ini, deadlift anda akan jadi jauh lebih gampang.

7. jangan membengkokkan tangan anda seperti melakukan bicep curl, terlalu banyak orang melakukan ini di gym.

8. mulai dengan beban ringan, deadlift anda nggak harus seperti standar strongmen ataupun crossfitter kok.

9. gunakan belt untuk memberikan toleransi ke pinggang anda.

secara perlahan beban deadlift anda akan naik terus menerus, deadlift adalah gerakan compound yang sangat berguna, melatih hampir semua otot punggung, perut, pantat, hamstring bahkan lengan. baca detail otot yang dilatih disini

Jadi jangan sampai malas, silakan angkat, mulai latihan!!

Semoga Bermanfaat😀