Selamat pagi sodara-sodara!! happy monday!! semoga minggu ini banyak rejeki masuk ya.

Hari ini saya akan membahas masalah diet terbesar yg biasanya dihadapi orang orang yang baru memulai gaya hidup sehat, dan sedang bimbang karena kesulitan di waktu malam hari. Kenapa malam hari? karena berdasarkan riset saja, “rasa ingin memakan makanan yg manis, asin ataupun yg tinggi karbohidrat muncul diwaktu malam hari” -riset baru Obesity Journal.

Tidak peduli anda makan jam 5 sore atau jam 7. sekitar jam 8-9 malam, anda akan merasa lapar, dan ini lumrah karena berdasarkan hipotesis peneliti, manusia yang memiliki cadangan lemak lebih banyak akan hidup (dengan konteks survival) lebih lama ketimbang yang memiliki kadar lemak sedikit.

Tapi, ini bukan zaman purba ya toh? kalau zaman sekarang makan malam malam dengan kadar kalori tinggi, kemungkinan besar anda hanya akan diabetes dan sakit jantung. Kita kan tidak berburu makanan dengan memanjat pohon dan menembak panah lagi.

Nah, ada beberapa cara untuk mengatasi rasa lapar yang berlebihan di malam hari:

a. Makan lah sesuatu yang sehat

dengan asumsi anda akan tidur sekitar 1-2 jam dari makan di malam hari ini, makan lah sesuatu yg memiliki nilai gizi, seperti apel, pisang, jeruk ataupun salad sayur. tapi kalau laparnya benar benar nggak nahan, makan 1 atau 2 potong cracker gandum. dan makan buah setelahnya.

beberapa ide snack sehat: kacang-kacangan, agar-agar, jelly, nori (seaweed/rumput laut), amino bar, popcorn dan tortilla.

b. Tidur lebih awal

kalau anda tidur jam 1 apa jam 2 malam, ya jelas lah anda lapar, tubuh manusia mencerna makanan dalam waktu 2-3 jam, dan ketika anda tidur terlalu telat, tentu anda akan lapar.

c. kunyah permen mint

favorit saya bukan yg dikunyah, tapi Fisherman’s Friend. mint-nya benar benar kuat sehingga mau makan apa aja setelah itu jadi ga pengen.

d. JANGAN makan didepan TV atau Youtube

anda akan menyesal nantinya. Porsikan makanan anda sehingga anda nggak makan berlebihan.

e. isi kulkas anda dengan sesuatu yg baik

Yogurt atau buah-buahan misalnya, anda tidak akan makan pringles kalau nggak ada pringles kan?

Jadi, intinya anda bisa makan, tapi bukan sesuatu yang tidak sehat. Kalau anda takut gemuk, didepan pintu kulkas, pasang foto seseorang yang super gendut dan super jelek, anda akan berfikir dua kali sebelum makan yang aneh aneh. ya kan?

Semoga bermanfaat ya😀