Pernah dengar yg namanya Overtraining nggak? jadi kalau masalah orang orang pada umumnya adalah kurang olahraga, orang orang seperti saya memiliki masalah kebanyakan olahraga. hahaha

Overtraining pada dasarnya adalah kondisi fisik yang terlalu capek karena kebanyakan olahraga, biasanya gampang terjadi atlit atau orang orang yang pengen jadi atlit hobby olahraga seperti saya, olahraga emang buat kecanduan (in a good way), nah ada beberapa tanda anda sudah overtraining yang hari ini akan dibahas.

contoh overtraining akut atau orang yang hanya lagi mencoba pose yoga

Overtraining biasanya bisa terjadi ketika anda memiliki porsi latihan diatas 2 jam per hari (rata-rata) atau berolahraga diatas 6x seminggu dengan porsi intensitas tinggi, karena pengen siap siap kontes atau emang atlit yg ngejar deadline.

1. Terlalu Capek

Adalah tanda yang paling umum, bahkan setelah istirahat andapun masih merasa capek, badan pegal pegal, gampang sakit, biasanya sakit kepala, semua sendi-sendi badan sakit dan berbagai keluhan lansia anda sudah alami. biasanya ini terjadi karena overtraining.

Mengapa bisa begini? karena ketika anda berolahraga terlalu intens tanpa ada pengawasan/waktu recovery, badan akan memproduksi hormon kortisol yang malah bersifat counter-productive, merusak otot-otot anda.

2. Haus Berlebihan

beberapa tanda anda overtraining juga bisa terlihat dari haus yang berlebihan, ketika badan anda katabolik kemungkinan dehidrasi lebih tinggi, makanya bisa jadi haus. gitu loh.

3. DOMS

atau disebut juga sebagai Delayed Onset Muscle Soreness, rasa sakit dan pegal pada otot yang diatas 72 jam setelah waktu latihan, normalnya otot akan rekuperasi setelah 48 jam. jadi kalau diatas 3 hari sakitnya, kemungkinan anda kemarin terlalu berlebihan.

4. Insomnia

ketika sistem hormon dan saraf anda terganggu karena kebanyakan latihan, anda akan merasa susah tidur. padahal saya sudah berkali-kali katakan, bahwa hidup sehat itu ada 3 komponen, latihan makan dan istirahat. kalau istirahat aja terganggu karena kebanyakan latihan, anda sudah salah jalur.

Ingat bahwa otot HANYA tumbuh ketika anda beristirahat, dan BUKAN sewaktu latihan.

5. Masalah Psikologis

Anda kelewat takut gemuk, takut lemak, takut kalau latihan nggak 3 jam per 1 hari nggak cukup, atau tidak 7 kali seminggu tidak cukup. Anda mulai mengorbankan keluarga dan teman-teman untuk hanya nge-gym saja. Atau sebaliknya, anda merasa depresi dan tidak mau pergi ngegym lagi. Atau beberapa masalah psikologis lainnya, ambil waktu anda untuk beristirahat, dan anda akan baik baik saja. okay?

Beberapa cara untuk mengatasi Overtraining:

1. Istirahat/Tidur.

2. Kurangi Jadwal Latihan sampai benar benar sehat.

3. Massage

4. Minum Suplemen Recovery

5. Jangan terlalu capek dulu

Intinya, fokus pada rekuperasi.

By the way, posting ini jangan dijadikan alasan bagi anda yang belum mulai olahraga, nggak olahraga lebih nggak sehat loh.

Semoga Bermanfaat😀