halo readers! hari ini pembahasannya lumayan menarik, tentang beberapa jenis produk yang mengaku sehat, tapi sebenernya tidak sehat. bisa dijadikan patokan untuk yang merasa dietnya stagnan dari kemarin padahal sudah coba mati matian.

1. Minuman Elektrolit

Isi dari minuman energi adalah vitamin yg di fortified dan GARAM. makanya disebut elektrolit, tapi percayalah, isinya yg kebanyakan gula dan garam tidak perlu diminum setiap saat, khususnya jika anda tidak terlalu capek dan ada air putih, kalau benar benar capek, lebih sehat minum air kelapa aja deh (jangan pake gula ya).

2. Salad

Wah, heran ya? harusnya sehat ya toh? emang salad sehat kok, tapi yg buat ga sehat kebanyakan adalah dressing yg berlebihan, mayonnaise, thousand island atau mustard mau disembunyikan pake makanan sehat juga tetap ga sehat kok, jadi kalo mau sehat, pakai dressing olive oil dan lemon atau blackpepper aja ya.

3. Label PALSU

Belakangan ini, banyak sekali makanan yg bertulisan LOW FAT, atau LOW SODIUM. atau ALL NATURAL. dan apapun lah itu, pesan paling mahal hari ini dari saya adalah “baca labelnya”.

Maksudnya? misalnya begini, tulisan potato chip nya adalah All Natural, Low salt. tapi per serving calorie nya sekitar 250, dan 1 bag ada sekitar 700-800 kalori, apakah anda akan kurus? nggak juga kan?

Beberapa label makanan dipaksakan supaya kedengarannya sehat. tapi sebenarnya nggak sehat sama sekali, tulisannya low-fat, tapi ternyata gulanya banyak banget, (gula/karbohidrat berlebih jadi gula juga toh?)

Atau tulisannya low-salt, tapi ternyata lemaknya banyak juga.

Percayalah, tidak ada makanan sehat yang perlu diblow-up efek sehatnya, kebanyakan iklan makanan yang “ngakunya sehat” tidak sehat.

4. Low-cal drinks

Banyak iklan soda yang berusaha meyakinkan bahwa soda mereka aman untuk diet kan? omong kosong aja kok, kebanyakan gula buatan akan membuat anda lebih lapar untuk makan lebih banyak dan merasa aman untuk menambah porsi makan.

5. Sereal

Sereal gandum yang isinya sangat sedikit serat dan tinggi gula per 1 mangkok emang bisa sehat? mau bukti? silakan cek disini. Cari variasi yang rendah kalori/rendah gula ya.

Anda tidak pernah mendengar iklan sayur-sayuran yang dipaksakan dengan menjual ide mereka sehat atau rendah kalori bukan? itu karena bahan alami memang sehat, sementara makanan yang ngakunya sehat, mereka ingin membuat kita percaya bahwa makanan yang menjual idenya sehat, maka anda akan percaya.

Don’t get me wrong, saya bukan bermaksud membuat anda berhenti makan sama sekali, saya hanya ingin mengingatkan bahwa hanya karena makanannya ber-label sehat, bukan berarti anda bisa makan berlebihan.

Tetap lah makan makanan alami, tidak ada suplemen/substitusi lebih baik daripada makanan alami, bersyukurlah anda tinggal di alam indonesia yang masih banyak makanan alami nya. okay?

Semoga bermanfaat😀