Koneksi otak dengan otot, atau yg biasanya disebut mind-muscle connection adalah bentuk olahraga yg anda harus terapkan ketika anda sudah lama latihan tapi tanpa ada hasil yang memuaskan. mind-muscle connection ini sama pentingnya dengan form/gerakan benar di fitness loh!

Ada banyak banget bodybuilder yang menggunakan filsafat mind-muscle connection, termasuk Kai Greene. semua gerakannya tidak ada yg percuma, semua waktunya di gym benar benar dihabiskan dengan kondisi mental yg sangat fokus, hampir sampai ke kondisi trance, dan saya nggak lebay kok, coba lihat video dia mengajar orang disini, dan anda akan mengerti kenapa Kai Greene disebut sebagai bodybuilding monk.

Anyway, jika anda sudah lama stagnan dan capek dengan pola latihan begitu begitu saja, dengan menambahkan sedikit faktor mental, anda akan merasa bahwa anda hanya pemula ketika anda menerapkan koneksi pikiran kedalam gerakan anda.

Alasan kenapa mind-muscle connection itu penting adalah, karena kebanyakan orang memiliki form/gerakan yang benar, tapi otot yg dilatih itu salah, misalnya anda melakukan leg extension, seharusnya quads anda akan merasakan efek hampir meledak ketika selesai latihan, tapi ntah mengapa tidak terlalu capek, kemungkinannya anda tidak menggunakan faktor pikiran kedalam gerakan anda, dan secara tidak sadar lebih banyak menggunakan tulang kaki dan pergelangan kaki untuk mengangkat beban.

dasdsadas

C0ntoh lainnya, adalah ketika anda melakukan concentration curl, tapi forearm anda lebih sakit daripada peak bicep nya. salah kan?

Nah, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencapai kondisi mind-muscle connection adalah:

Pertama, rileks saja, bayangkan ketika anda mengangkat beban itu, fokus pikiran hanya ke otot latihan yg dituju. Jangan hanya mengangkat beban dan badan saja yg bekerja, fikiran itu lebih dari 50% pengaruhnya!

Yang kedua, anda bisa menggunakan beban yang lebih ringan, coba 40% dari beban maksimum, dan rasakan fungsi setiap gerakan. bukan hanya angkat angkat saja.

Syarat mutlak untuk menggunakan mind-muscle connection ini adalah konsentrasi! setelah itu, pengetahuan tentang gerakan, makanya sangat disarankan menggunakan free weights (barbell/dumbbell). Anda harus tau, misalnya melakukan gerakan seperti shoulder press, maka target utamanya adalah front delts dan bukan tricep, misalnya anda melakukan gerakan dumbell flyes, maka otot utama yg dilatih adalah side pecs dan bukan bicep. dan beberapa gerakan dasar yg anda harus pahami intinya.

Dengan menggunakan konsentrasi dan gerakan form yang benar, maka anda akan merasakan perbedaan yang SANGAT JAUH ketimbang dengan latihan biasa saja.

Silakan dicoba. semoga bermanfaat ya😀