Happy weekend guys! maaf kelamaan belum update blog dari kemarin, saya disibukkan dengan administrasi kampus yg lebih rumit daripada aljabar dan pemikiran seorang wanita.

Anyway, hari ini saya akan membahas tentang hormon pria, testosteron. Hormon ini sangat besar kaitannya dengan massa otot, kesuburan seorang pria, dan kesehatan secara umum. Jumlah normal testosteron adalah sekitar 250-850 nanogram per dekaliter (ng/dl), jika anda seorang bodybuilder/atlit secara umum, maka dalam beberapa tahap tertentu, saya cukup yakin anda akan ditawarkan suplemen anabolik untuk menambah massa otot.

Anabolik Steroid sebaiknya jangan dikonsumsi/diinjeksi. Hormon buatan akan memberikan perintah kepada anda untuk menghentikan produksi alami, selain itu banyak efek samping tanpa pengawasan dokter. sehat tidak perlu suntik.

Balik lagi ke pembahasannya, testosteron memiliki fungsi yg banyak sekali, dan khususnya untuk atlit, anda membutuhkannya untuk menambah kualitas otot dan performa anda.

Nah, meskipun tanpa steroid; anda tetap bisa menambah jumlah testosteron secara alami kok. beberapa cara dasar adalah:

1. Angkat Beban

tapi bukan beban cengeng, naikkan jumlah beban angkatan anda, istirahat sekitar 1 menit untuk menstimulasi respon hormon. pokoknya beban sekitar 6-8reps max. dengan memaksa badan anda mengangkat beban lebih, hormon akan terpacu.

2. Latihan Beban di Sore Hari

pagi hari adalah jadwal dimana hormon pria mencapai kadar maksimal, nah ketika sore menjelang malam, kadarnya sedikit berkurang, makanya angkat beban untuk menaikkan kadar testosteron

3. Latihan dengan Wajar

kalau anda latihan beban 6x seminggu, kurangilah menjadi 4-5 kali saja. tidak ada waktu untuk istirahat akan membuat otot dan kadar hormon anda menciut.

4. Protein

ini mungkin tips yg paling praktis. jenis makanan tertentu memiliki kadar testosteron yg tinggi, misalnya bison, rusa ataupun sapi. makanlah protein yg biasanya secara umum berdasarkan hewan untuk mendapatkan kandungan testosteronnya. hati hati saja terhadap kolestrol ya.

Oya, suplementasi protein berdasarkan daging sapi juga bisa dijadikan pilihan tuh.

5. Menikah

jika anda menikah, dan anda menyalurkan kebutuhan biologis anda dengan sering, kemungkinan anda akan terhindar dari kanker prostat dan memiliki kadar hormon yg lebih stabil.

Oya, hormon testosteron terdapat di baik laki laki maupun wanita, tapi kadar wanita 20x lebih sedikit daripada pria, wanita tetap membutuhkan testosteron loh, untuk mengurangi kadar lemak, ntar kalo bingung tanya saya aja lagi di twitter.

Semoga bermanfaat ya😀