Halo para pembaca. Merry Christmas! terlepas beberapa oknum yang masih sibuk melarang orang mengucapkan selamat hari natal apa nggak, saya rasa tidak ada salahnya menyebarkan kebahagiaan bukan? Nggak seperti beberapa oknum yg menutup paksa rumah makan sewaktu ramadhan ya toh? hahaha.

Hari ini topiknya menurut saya sangat ringan namun banyak orang yg masih bingung. Pada dasarnya kan ada 3 makronutrien; karbohidrat, protein dan lemak. Nah, karbohidrat dengan protein memiliki kandungan 4 kalori per gram, tidak seperti lemak yg memiliki kandungan 9 kalori.

looks good?

Karbohidrat adalah makronutrien yang “katanya” buat gendut. bener apa nggak? minimal cheesecake itu keliatan enak banget ya? makanan yg enak-enak, khususnya jika anda seneng makanan manis, tinggi kadar karbohidrat simpel. tp pada akhirnya pertanyaannya tidak terjawab ya.

Terlepas paragraf yg tidak berguna diatas, informasi berikut ini penting; Karbohidrat TIDAK menggemukkan selama badan anda membutuhkannya.

Maksudnya?

Begini, ketika anda banyak olahraga/bekerja, maka anda PASTI butuh karbohidrat, ketika badan anda kekurangan karbohidrat, metabolisme anda akan terganggu dan anda akan menjadi lemas dan tidak punya tenaga.Karbohidrat itu ibarat bensin di badan, ketika badan memiliki supply karbohidrat, maka karbohidrat akan diubah menjadi glikogen (gula darah) untuk diolah menjadi sumber tenaga di badan.

Tapi pengertian anda jangan dibatasin begitu saja, Karbohidrat itu terbagi dua; karbohidrat simpel dan karbohidrat kompleks.

1. Karbohidrat Simpel

Adalah semua jenis karbohidrat yang bersifat instan/siap pakai, contohnya seperti Es Krim, apple pie, gula, sirup, cheesecake, black forest, lontong, mi kuning, nasi putih, gudeg, Red Velvet, atau apapun lah yg biasanya bersifat manis dan sangat cepat mengenyangkan. Pada dasarnya gula adalah karbohidrat, karena semua karbohidrat diolah menjadi glukosa dan glikogen.

Sifat karbohidrat simpel ini sangat baik dimanfaatkan ketika anda baru selesai melakukan aktifitas fisik yg berat, selain dari itu, kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan karena akan menimbulkan reaksi insulin dan mengantuk karena gampang membuat gula darah anda ping-pong.

2. Karbohidrat Kompleks

Jenis karbohidrat baik dan bersifat lebih aman untuk tubuh anda sebagai sumber energi, khususnya jika anda sedang diet, dibagi menjadi dua lagi;

a. Fibrous

Karbohidrat kompleks yg bersifat ‘fibrous’ secara gampangnya adalah buah-buahan dan sayuran, mereka memiliki kalori rendah, bersifat serat dan tidak dicerna penuh oleh usus, dan membantu membersihkan dan melancarkan pencernaan. kalau ada bermasalah dengan ekskresi, silakan lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, contoh karbohidrat ini; sayur bayam, sawi putih, buah tomat, nenas, pepaya, apel dan mangga.

b. Starchy

Karbohidrat yg memiliki kandungan karbohidrat yg bersifat time-release, jadi karbohidrat ini tidak langsung diserap badan seperti karbohidrat simpel, pada dasarnya adalah semua umbi-umbian dan biji-bijian. contohnya; beras merah, brown rice, kacang merah, kacang hitam, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar, oatmeal dan roti gandum.

Nah, intinya begini nih, anda tidak boleh makan karbohidrat simpel terlalu banyak karena karbohidrat berlebih akan diubah menjadi gula darah dan akan menjadi lemak. Selain itu, anda juga tidak boleh takut dengan karbohidrat karena badan anda membutuhkannya untuk menjadi sumber tenaga. Makan lah karbohidrat yg terdiri dari umbi-umbian dan banyak sayur-sayuran dan cukupi kebutuhan olahraga anda. Jika anda ingin makan sesuatu yang simpel dan manis, lakukan setelah olahraga dimana badan anda membutuhkan supply gula darah dengan cepat karena telah habis dikuras sewaktu olahraga.

Kebanyakan kesalahan kita bukan karena kelebihan karbohidrat, tapi kita kurang berolahraga dan hanya cari alasan saja, jika olahraga anda berat dan intens, anda tidak akan kelebihan karbohidrat kok.

Semoga bermanfaat ya😀