Halo Desember!! halo pembaca, postingan awal Desember kali ini akan membahas tentang diet kalori rendah, yang akan semoga menyadarkan anda bahwa ada cara lain untuk menurunkan kadar lemak di badan anda.

Postingan ini diambil dan diedit dari e-book yg berjudul Burn the Fat, Feed the Muscle : TomVenuto. kalo ada yg mau soft-file nya, e-mail/ tweet saya aja ntar ya.

Anyway, mari kita bahas konsepsi diet, diet yg diartikan oleh beberapa orang secara kebanyakan adalah pelarangan makan. padahal sebenarnya diet adalah pemilihan jenis makanan.

Mari kita bahas diet konvensional (diet rendah kalori), pada dasarnya formula untuk mengurangi massa didalam tubuh adalah jika jumlah kalori lebih rendah daripada energi yg dikeluarkan, maka anda akan mengurangi massa, namun diet konvensional seperti ini memiliki kelemahan yg fatal.

1. Diet rendah kalori (800-1200 kalori untuk wanita, dan 1500-1800 kalori untuk pria) kebanyakan tidak bertahan lama, karena sekitar 90% dari diet rendah kalori akan ping-pong, dan anda akan kembali dengan berat badan yg jauh lebih berat.

2.  Diet rendah kalori mengurangi berat badan anda dari otot, dan BUKAN lemak, anda akan kelihatan sangat lemah dan kurus.

https://i1.wp.com/www.healthyherliving.com/wp-content/uploads/2012/05/crash-diet-blues.png

Diet rendah kalori TIDAK akan berhasil untuk jangka waktu panjang, saya sekali lagi akan ulang supaya jelas, TIDAK akan berhasil, low-cal diet will NEVER work in the long term. Tuh, saya sampe ngomong bahasa inggris biar jelas. mau bukti? lihat saja berapa banyak orang yg gemuk kembali dan masalah obesitas di zaman sekarang, kalau mereka diet dengan gaya ketinggalan 40 tahun lamanya, mana akan berhasil toh?

sekarang saya akan jelaskan alasan mengapa cara ini tidak akan berhasil.

badan anda memiliki caranya tersendiri untuk bertahan hidup

kalau anda sering mendengar cerita orang yg bertahan hidup di gurun pasir selama 3 hari dengan modal air minum saja, atau orang yg bertahan di hutan selama berhari-hari, maka saya bisa memastikan bahwa hal itu benar benar bisa terjadi. selama ratusan tahun, badan kita menciptakan sejenis mekanisme survival.

1 gr protein sama dengan 4 kalori

1gr  karbohidrat sama dengan 4 kalori

1gr lemak sama dengan 9 kalori

jika badan anda dipaksa untuk hidup tanpa makanan, maka otak akan memerintahkan badan anda untuk mengubah semua otot anda menjadi lemak dan anda akan membakar lemak karena 1gr lemak memiliki kalori lebih banyak daripada protein atau karbohidrat.

kedengarannya bagus? nggak juga.

sistem pertahanan diri seperti ini membuat metabolisme anda drop menjadi sangat amat lambat, karena badan ingin secara perlahan hidup, contoh dasarnya? liat aja orang yg sangat kelaparan, biasanya tidak bisa konsentrasi, ngantuk, dan sangat lemas.

metabolisme lambat berarti pembakaran kalori yang lambat juga.

https://i0.wp.com/www.hellforleather.com.au/wp-content/uploads/2012/07/IMG_1320.jpg

yang saya tunjukkan diatas ini adalah komparasi 1 kg otot, dengan 1 kg lemak. yang mana yg lebih besar? jika anda memiliki akal sehat, silakan tambah otot, maka lemak akan mengecil dengan sendirinya.

naikkan metabolisme anda dengan olahraga secara rutin, dan makan makanan sehat 6x sehari, makan dengan rasio karbohidrat kompleks (untuk merendahkan reaksi insulin), protein yg cukup (untuk otot), dan lemak sehat (untuk memangkas lemak jahat). Intinya sih, diet sehat. saya sudah berkali-kali jelaskan kok diet yg sehat gimana.

silakan e-mail/tweet jika anda memiliki pertanyaan ya.

Semoga bermanfaat😀