Pernah dengar nggak yg namanya plateau? plateau dalam dunia fitness dan kebugaran, disebut dengan kebuntuan. biasanya dalam bentuk diet. berat badan ga naik-naik lagi, atau malah nggak turun-turun lagi padahal sudah mati-matian diet dan makan bersih. Kok bisa?

Dasarnya tubuh manusia itu sangat adaptif. beberapa dari tubuh kita mampu berhenti beradaptasi dengan gampang. cara untuk melihat plateau adalah seperti ini: berat badan tidak berubah-ubah padahal pola makan sudah bener, atau otot tidak terlihat mengembang sama sekali, dan tidak ada otot baru, selain itu, bisa juga terlihat dari lelah atau tidaknya badan kita berbeda dengan awal pertama kali kita latihan.

Nah, kita tentunya punya target masing-masing, misalnya saya pribadi dari dulu ingin punya badan seperti Dwayne Johnson, atau cewek-cewek ingin punya badan dengan perut papan gilas (?).

Anyway, plateau bisa terjadi ke siapapun, dan waktunya tidak bisa terlihat dengan begitu saja. Plateau bisa terjadi mulai dari 2-5 minggu, dan jika anda tidak terlalu pinter, anda bisa saja kembali gemuk (biasanya kasusnya sering terjadi di diet dari gemuk ke langsing). Nah, idenya adalah, anda harus pinter memainkan badan anda sendiri.

Dalam artian begini, anda harus tau kapan badan anda melambat metabolisme-nya, diet yg bener adalah makan 6 kali sehari, 3 makan besar dan 3 snack dengan pilihan makanan yg benar. Nah, kebanyakan orang yang takut makan hanya akan memperlambat metabolisme badannya sendiri dan membiarkan plateau diam di tempat.

Anyway, cara untuk memecahkan plateau bukan hanya diet saja, saya akan mempergampangnya dalam bentuk list angka.

1. Intensitas Latihan

anda bisa memperpanjang waktu latihan anda dengan 10 atau 15 menit kalau misalnya pola latihan lama anda sudah tidak memberikan perkembangan dalam bentuk apapun juga.

2. Pola Latihan

misalnya anda dari dulu melakukan weight-training dasar, anda juga bisa mengubahnya dengan menambahkan cardio. misalnya anda dari dulu melakukan cardio dengan lari, mungkin anda bisa menambahkan berenang atau bela diri.

tidak harus rumit, bahkan misalnya anda dulu latihan beban 5 kali seminggu, coba dibuat menjadi 3 kali dengan otot yg berbeda, atau variasi yg berbeda.

3. Diet

lakukan permainan dengan metabolisme anda, misalnya 5 hari makan bersih rendah kalori, 1 hari makanlah sedikit lebih banyak, dan lihat efeknya dengan badan anda, silakan ber-eksperimen karena anda sendiri yg paling mengerti badan anda.

4. Suplementasi

ada cara lain dengan menggunakan suplemen, tapi selalu seperti saya bilang, silakan cek dulu pola makan anda dan pola istirahat, jika tidak ada yg salah dan anda masih saja plateau, mungkin anda bisa menambah stock supplemen fitness anda.

Makanya, anda tidak perlu depresi seperti lukisan dari Vincent Van Gogh ini. nggak akan berubah bentuk badan anda kalau anda sendiri tidak mau melakukan perubahan. Makan lebih sehat, makan dengan banyak sayur dan buah, kurangi gula, perbanyak snack seperti kacang-kacangan, pisang, protein shakes, atau cottage cheese. apapun yang penting sehat!

Ingat, badan anda seperti mobil, kalau dia kekurangan gas, dia tidak akan membakar dengan efektif. Jadi penuhi supply makanan anda untuk mencapai target dengan baik.

Sedikit motivasi untuk anda!

setengah kilogram (1 pound) otot itu besarnya sebesar buah jeruk, dan membakar 50-70 kalori, sementara setengah kilogram lemak itu sebesar grapefruit dan hanya membakar 5-7 kalori per hari. 

Semoga bermanfaat😀