Pertanyaan ini sering ditanyakan, apakah anda butuh suplemen? khususnya suplementasi mineral seperti zinc, magnesium, ataupun vitamin seperti vitamin C, vitamin D atau apapun namanya. Dengan kondisi waktu kerja yang sangat amat padat, dan malasnya manusia mengkonsumsi makanan padat, mungkin anda bisa menerka sendiri jawabannya.

Sebenarnya anda tidak terlalu membutuhkan suplementasi vitamin dan mineral jika anda sudah memiliki diet plan yang sangat bervariasi, jika anda makan whole grain seperti roti gandum, kacang-kacangan, dan bermacam-macam sayur dan buah setiap harinya, anda tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk membeli suplemen, mengingat harganya tidak murah.

suplemen 1

Misalnya, kebutuhan Vitamin C satu orang per hari adalah sekitar 60mg, dan anda bisa mendapatkannya dengan makan buah sekitar 4-5 sajian per hari, tidak sulit bukan? Namun jika anda merokok, mungkin anda membutuhkan suplementasi vitamin C sekitar 100mg per hari kecuali anda hobby mati muda.

Nah, suplementasi vitamin dan mineral bisa berlebihan, dan itu adalah satu hal yg perlu dipertimbangkan dalam membeli suplementasi, jika anda berlebihan memakainya, misalnya diatas 1000mg vitamin C, kemungkinan anda akan muntah-muntah, diare, bahkan batu ginjal. Ingat bahwa kelebihan dosis vitamin penyebabnya adalah berlebihan mengkonsumsi suplemen dan BUKAN karena makanan padat seperti buah-buahan.

apakah anda butuh suplemen?

Namun, ada beberapa kriteria yang menyarankan anda membeli suplementasi vitamin, ataupun mineral:

1. Anda secara regular bolos waktu makan

2. Anda sedang dalam diet rendah karbohidrat untuk jangka waktu lama

3. Anda sudah sangat berumur dan susah untuk makan secara cukup

4. Anda seorang Vegan

5. Anda meminum obat secara reguler yang mengganggu penyerapan mineral dan vitamin

6. Anda lactose intolerant (alergi terhadap laktosa) ataupun anda kekurangan kalsium

Tapi tetap ingat, bahwa suplemen jutaan pun tidak akan bisa mengalahkan manfaat makanan padat.

Semoga bermanfaat😀