Beberapa dari masalah klien saya adalah respon mereka terhadap meal plan yang kadang-kadang saya post di twitter, atau langsung catatkan untuk mereka. Ada beberapa yang langsung complain dan bilang “beras merah mahal bro.” atau “whey-nya ga bisa nego lagi?”

Ada juga yang membanding-bandingkan semua jenis merk dan mempertanyakannya begitu banyak bahkan sampai berkicau di social media, hanya karena harga whey naik 10% dari tahun lalu atau harga kedelai naik di pasaran.

 

galau

bahasa social medianya disebut “galau”

Terlepas saya gelisah sebagai seorang distributor suplemen, saya cukup heran dengan perilaku orang-orang yang ngakunya ingin sehat ini.

Ada beberapa hal yang perlu dijelaskan, seperti berapa harga kesehatan anda?

Bayangkan berapa banyak uang anda habiskan untuk pergi ke dokter karena flu atau batuk-batuk setiap bulan? atau berapa banyak uang yang harus anda keluarkan untuk membayar insulin untuk mengontrol gula darah apabila anda diabetes nantinya?

biaya sekali ke dokter sekitar 400ribu bahkan bisa lebih, jutaan bahkan bisa ratusan juta jika anda sakit kronis, mengingat kita tinggal di negara yang memiliki APBN tidak sampai 2% untuk kesehatan.

Anda bisa menyalahkan presiden anda, anda juga bisa menyalahkan gubernur anda, bahkan keluarga anda sendiri. tapi pada akhirnya. Anda sendiri yang menentukan seberapa sehat anda mau.

Percayalah, uang yang anda habiskan tahun ke tahun untuk ke dokter itu, tidak lebih mahal daripada anda mengubah gaya hidup anda ke arah yang lebih sehat, dengan menghentikan rokok, alkohol dan mulai memakan sayuran, protein dan olahraga teratur dan tidur teratur.

Anyway, hari ini saya tidak akan hanya menyadarkan anda seberapa salah pemikiran anda, tapi saya juga akan memberikan beberapa sumber protein yang tidak lebih mahal daripada suplemen yang saya jual.

1. Telur

satu buah telur memiliki kandungan protein sekitar 6gr, dan sekitar 3,4 gr berada di putihnya, dan sisanya berada di kuning telur yang kebanyakan para bodybuilder menghindarinya karena juga memiliki kandungan lemak dan kolestrol meskipun tidak terlalu berarti.

sumber protein murah

2. Ceker Ayam

Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam sifatnya kurang lebih sama dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen yang terkandung di makanan yang tidak mahal ini mampu menstabilkan tekanan darah. per 100gr, kandungan protein ceker sekitar 19gr, not bad eh? 

 

ceker ayam

rasanya juga enak

3. Tempe

per 100gr, superfood ini hanya memiliki 200kalori, dan memiliki 19gram protein siap cerna, karena sifat bakteri baik hasil fermentasi, tempe adalah salah satu makanan tersehat di dunia.

superfood tempe

4. Tahu

Saudaranya tempe, juga murah, dan bernutrisi cukup padat, per 100gr tahu hanya memiliki 76 kalori dan protein mencapai 8.1gr.

tahu

5. Serangga

Ini adalah pilihan ekstrim jika anda juga merasa semua yang saya tawarkan terlalu biasa dan anda hanya ingin memikirkan untuk memakan binatang secara utuh.

Menurut penelitian salah satu dosen IPB jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, dalam belalang dan jangkrik terkandung Lemak 10-15 % Lemak dan protein 40-60 % per 100gr. Kandungan protein ini dua kali lipat lebih besar dari kandungan protein kedelai segar atau lebih dari tiga kali lipat kandungan protein daging ayam dan sapi. berarti  kandungan proteinnya sekitar 40-60gr per 100gr serangga.

belalang goreng

Mau? setoples paling 20-30ribuan.😀