Mumpung masih dalam suasana kemerdekaan indonesia (meskipun terasa redup sekali)

Dirgahayu Indonesiaku!

Dari kemarin saya perhatikan, banyak banget request posting untuk latihan bisep. hari ini saya akan mencoba memberikan variasi terhadap latihan bisep anda supaya tidak mencapai stagnasi.

Bisep merupakan salah satu otot yang banyak terpakai (dan disukai) oleh kebanyakan orang, anda membutuhkan bisep ketika anda mengangkat barang-barang, ketika anda mengangkat diri dari tebing, dan ketika anda menggendong wanita pujaan anda.

bisep

Nah, saya pernah membahas tentang latihan bisep ini dulu disini. Namun request-nya masih banyak saja, jadi saya cuma bisa memberikan sedikit tambahan informasi, bahwa latihan bisep yang baik adalah tergantung jenis gerakan dan bebannya.

Jika anda menginginkan bisep yang besar secara ukuran, maka beban adalah segalanya.

Naikkan jumlah beban anda. Repetisi cukup 4-6 saja tidak apa-apa. Variasi diperlukan, tapi anda tidak perlu heboh-heboh banyak variasi jika pola dasar anda saja masih berantakan. Arnold Schwarzenegger sangat amat terkenal dengan lat dan bisepnya, dan ada hubungannya dengan pola tumbuh otot bisep, karena kebanyakan latihan bisep juga berhubungan dengan perkembangan otot punggung.

bisep 2

nah, sedikit tips saya untuk pembentukan bisep, anda bisa menambahkan pull-up kedalam pola latihan anda, karena saya secara pribadi suka memasukkan bisep dan lat (punggung) didalam satu sesi latihan.

pull up

Variasikan antara grip lebar dngan sempit, dan rasakan sendiri dimana bisep anda yang paling banyak terlatih, anda juga bisa menggunakan reverse grip (tangannya menghadap kebelakang). Semakin lebar pegangan tangan anda, maka semakin tertarik bisep anda.

cable curl

Anda juga bisa menggunakan cable untuk stimulasi bisep anda, ketimbang menggunakan dumbell atau EZ bar melulu. tapi ingat bahwa prioritas anda adalah total angkatan beban (jika anda mengharapkan ukuran) atau repetisi dan variasi pegangan/grip (jika prioritas anda adalah bentuk).

Ingat! Otot anda tidak akan tumbuh jika anda hanya memanjakannya, naikkan beban latihan, kurangi stagnasi dengan menambah variasi, tapi sedikit tips dari saya, usahakan bisep jangan diatas 12 set, karena hanya akan menjadi tidak efektif sama sekali, karena anda mengejar sekitar 4-5 variasi tanpa kualitas sama sekali.

bisep 3

Silakan pamer kalau anda sudah latihan dengan disiplin dan pintar, kali aja ada cewek yg naksir karena bisep anda, who knows?

semoga bermanfaat😀