Hey there~

Apakah kita bisa kelebihan makan protein? ya bisa dong, banyak dietitian ataupun majalah kesehatan, bahkan sampai personal trainer yang menyarankan anda untuk makan protein, protein. ‘ekstra protein! ga usah pake karbohidrat kalo perlu!’

Nah, apakah benar pola makan seperti itu? tergantung. kalau misalnya anda tidak membutuhkan karbohidrat dengan jumlah banyak (dalam fase cutting); bukan tidak makan karbohidrat sama sekali ya! Mungkin ada benarnya anda harus makan lebih banyak protein.

Jika anda seorang atlit bola, renang atau endurance training, maka anda butuh rasio karbohidrat dan protein tinggi, jika anda bodybuilder, maka anda membutuhkan lebih banyak protein daripada karbohidrat.

protein

Namun, kebanyakan dari kita bukanlah seorang atlit/model majalah fitness bukan? disini banyak terletak kesalahan diet yang cukup umum: Kebanyakan Protein

Saya sudah memberitahukan secara umum berapa rasio protein yang dibutuhkan bukan? berkali-kali. sekitar 0.8-2.0gr per kg berat badan. tergantung kebutuhan anda. Nah, masalahnya banyak yg menganggap bahwa patokan itu bisa disama ratakan, padahal sebenarnya. Patokannya lebih tepat jika dihitung berdasarkan lean-mass anda. Tidak ada salahnya anda menghitung lebih, tapi jika kebanyakan protein; anda akan dirugikan.

Protein berlebih memberikan beban lebih kepada hati dan ginjal anda, minimal kelebihan kalori itu cuma akan menjadi lemak karena TIDAK terpakai.

Lebih-lebih 2 atau 4 gram protein per hari sebenarnya tidak apa-apa, tapi jika anda notabenenya hanya seorang pekerja kantoran tapi memiliki pola makan atlit dengan takaran 2gr/lean mass anda? kemungkinan anda akan gemuk.

Supaya aman, sekitar 1 gr per kg berat badan itu sudah masuk sangat bagus, jika anda merasa badan anda masih resisten, baru tambah perlahan-lahan.

Anda boleh saja makan dengan rasio 1.5gr-2gr per kg berat badan anda, cuma barengi dengan olahraga intensitas tinggi sehingga protein tadi dipakai untuk menukar sel-sel otot yg rusak.

Ini saya berikan list makanan dengan takaran protein secara kurang lebih (dari FDA)

Hamburger, 4 ons – 28 gram

Steak, 6 ons – 42 gram

Daging potong – 7 gram protein per ons

Dada ayam, 3,5 ons – 30 gram

Fillet ikan – 6 gram per ons

Tuna kaleng 6 ons – 40 gram

Telur – 6 gram

Susu 1 gelas – 8 gram

Yogurt, 1 mangkuk – sekitar 8-12 gram

Cottage cheese, ½ mangkuk – 15 gram

Soft cheese (Mozarella, Brie, Camembert) – 6 gram

Medium cheese (Cheddar, Swiss) – 7-8 gram per ons

Hard cheese (Parmesan) – 10 gram pre ons

Tahu, ½ mangkuk – 20 gram

Susu kedelai – 1 gelas – 6-10 gram

Kacang kedelai, ½ mangkuk – 14 gram

Kacang-kacangan (black beans, pinto, lentil) – 7-10 gram

Peanut butter, 2 sendok makan – 8 gram

Almond, ¼ mangkuk – 8 gram

Kacang tanah, ¼ mangkuk – 9 gram

Kacang Mede, ¼ mangkuk – 5 gram

Biji labu, ¼ mangkuk – 8 gram

Biji bunga matahari, ¼ mangkuk – 6 gram

obese

Yang berlebihan memang tidak baik, semoga bermanfaat😀