Hari ke-2 Ramadhan. so far so good?

Sesuai dengan janji saya kemarin, saya akan membahas puasa dan manfaatnya terhadap kesehatan.

Banyak larangan dalam bulan Ramadhan bagi yang menjalankannya, termasuk didalamnya berhenti makan dan minum, yang kebanyakan membuat orang mengeluh dan merasa ibadah ini terlalu berat. Namun, apakah konsepsi menahan rasa lapar dan haus ini hanya untuk ibadah? ternyata tidak. banyak manfaat kesehatan yang diperoleh dari berpuasa.

ramadhan

Nah, umumnya yang terjadi, ketika orang berpuasa. mereka akan lemas dan malas untuk melakukan apa-apa karena tidak terbiasa dengan kondisi lapar.

ramadhan

Pertanyaannya, kenapa bisa lemas? Badan kita memiliki sistem pertahanan diri yang sangat amat kompleks, ketika badan tidak di-supply oleh makanan, otak akan memerintahkan badan kita untuk memperlambat metabolisme, hal ini yang membuat kita lemas. fase badan juga akan menjadi katabolik. jadi badan menggunakan lamak sebagai sumber energi karena karbohidrat telah dibakar habis.

Baik atau tidak? bisa dua-duanya. Mari mulai dengan yang tidak baiknya dulu :

1. Berkurangnya Massa Otot

Fase katabolik secara dasar sangat tidak menguntungkan terhadap bodybuilder yang mencoba mempertahankan massa otot sebisanya, fase katabolik memaksa otot untuk memecahkan kandungan proteinnya menjadi asam amino dan menggunakannya (muscle burn). dan pada akhirnya otot bisa jadi kehilangan massa.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah memenuhi kebutuhan protein setiap sahur dan sebisanya mengkonsumsi protein siap pakai sewaktu berbuka puasa.

2. Lemas

Fase Katabolik ini membuat metabolisme menurun dan pada akhirnya kita menjadi sedikit lebih sulit konsentrasi, lemas dan bawaannya mau tidur melulu untuk menghemat energi.

detox

Namun, tidak ada salahnya untuk melihat sisi lain dari berpuasa, ada beberapa manfaat medis yang hanya bisa didapatkan dari berpuasa.

1. Detoksifikasi

Puasa pada dasarnya bersifat detoks, yang artinya menyaring dan membuang kotoran dan racun dari dalam badan yang biasanya tidak terbuang secara keseluruhan dihari hari biasa. racun akan terbuang dari darah dan organ-organ anda melalui kotoran dan keringat anda.

2. Awet Muda

Lambatnya metabolisme berarti lambatnya penuaan, dan anda jadi lebih susah tua. ketika berpuasa, organ tubuh juga dalam keadaan rileks, dan pada akhirnya akan ada kesempatan untuk meremajakan sel. pad dasarnya anda memberikan kesempatan kepada organ yang sibuk 24 jam sehari selama 365 hari untuk bekerja dengan lebih ringan untuk 1 bulan.

3. Menjaga tekanan darah, kolestrol dan gula darah

Puasa membantu menjaga tekanan darah, kolestrol berlebih dan mengurangi kadar glukosa didalam darah anda, kebanyakan kita juga secara langsung mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi di bulan ramadhan kan?

4. Imunitas

Berpuasa meningkatkan pengangkatan limfosit hingga hampir sepuluh kali lipat. Pengangkatan limfosit menstimulasi pembentukan LDL, sejenis lipoprotein (kolestrol baik) yang memberikan pengaruh ke kekebalan tubuh secara umum. Dengan berpuasa, anda akan lebih sehat.

Kedengarannya terlalu muluk? tidak juga, selain manfaat medis yang banyak. berpuasa juga membuat anda mampu menahan nafsu, mampu menahan anda dari rasa ingin marah-marah, membicarakan orang lain, mengutuk dan berteriak-teriak, nonton bokep, berbicara kotor dan lain-lainnya.

Jadi jika anda melihat orang marah-marah di bulan Ramadhan, dia sedang tidak berpuasa dengan benar.

Tahan diri anda, 30 hari saja kok.

Semoga bermanfaat😀