hey there everyone.

banyak mitos dunia fitness yang seringkali bodoh, tapi kita tetap saja percaya dan kadang-kadang menjadi takut memulai karenanya. khususnya dalam mencapai badan dengan kadar lemak rendah, semua informasi berasa menjadi bertolak belakang, nah hari ini saya akan membahas tentang cheating day. salah satu faktor penting dalam dunia fitness.

Pola makan dunia gym yang biasanya tinggi karbohidrat kompleks dan tinggi protein seringkali membuat orang jenuh, karena tidak manusiawi memakan hal yang sama setiap hari selama berbulan-bulan, dan seringkali itu masalah bagi beberapa orang yang memulai diet sehat, mereka membatasi pola makannya sendiri dan akhirnya berujung dengan kegagalan diet.

Nah, dengan mengubah pola makan dan menambah jenis makanan sehat, anda akan mampu bertahan di diet sehat lebih lama loh.

looks good yes?

Namun, itu saja tidak cukup! Sebagai manusia yang menahan diri dari nafsu. Kita memiliki titik jenuh, makanya ada yang disebut cheating day/cheat day dalam dunia fitness.  Ambillah 1 hari didalam 7 hari pola makan anda untuk memakan apapun yang anda mau dalam 1 meal atau 2 meal.

cheating day menu

Apapun? yang enak juga? ayam goreng boleh? pizza boleh?

Iya benar, apapun yang anda mau, tapi cukup 1 atau 2 meal saja. jangan terlalu banyak, lagian kalau anda terbiasa makan sehat, makan sesuatu yang tidak sehat seperti fast-food cuma akan membuat anda mual. Nah, pertanyaannya sekarang, apakah cheating day itu boleh didalam konsep hidup sehat?

Eating foods that are higher in calories, or are not normally in our food plan, will increase our metabolism since our bodies are forced to work harder at burning the calories ingested

Jawabannya saya kutip dari bodybuilding.com , dan benar bahwa cheating day dianjurkan. karena dengan memakan sesuatu yang berkalori tinggi, maka badan anda akan memecahkan pola metabolisme dan pembakaran kalori yang berlangsung selama 6 hari dan memaksanya untuk membakar kalori ekstra yang masuk (yay!)

Ingat saja, bahwa setelah cheating day, anda diharuskan tetap fokus pada target anda semula, yaitu mengurangi kadar lemak yang berlebih dalam tubuh anda, jadikanlah cheat day sebagai pelatuk tanda start 6 hari makan sehat akan memulai dan anda semakin dekat dengan target anda. badan berisi dan rendah lemak ala Frank Zane atau siapapun idola fitness anda.

frank zane

Pesan saya cukup 1 saja, jangan jadikan setiap hari cheating day, atau menerapkan pola pikir “diet starts tomorrow”.

cheat day

Nikmati saja diet anda.

Semoga bermanfaat😀