Hi everibadeh.

Cedera adalah sesuatu yang wajar saja didalam berolahraga, karena semua yang dilakukan memiliki resiko, anda berolahraga; maka ada kemungkinan cedera, kalaupun anda tidak berolahraga; ada kemungkinan anda sakit. Jadi cedera bukanlah sesuatu yang perlu dijadikan masalah dalam memulai gaya hidup sehat.

nadal aja cedera

Cedera dalam olahraga ada yang ringan sampai yang berat, berikut ada beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab cedera olahraga:

1. Warm-up

Sangat amat banyak cedera yang terjadi diakibatkan kurangnya pemanasan, langsung memasuki fase inti dimana gerakan otot berlangsung sangat cepat/berat akan membuat otot anda terkejut dan akhirnya anda akan cedera.

2. Overtraining

Terlalu banyak latihan juga bisa berbahaya, kalau misalnya anda latihan beban, usahakan 5 kali seminggu saja paling banyak, diatas itu, otot anda hanya akan menyusut karena tidak ada waktu istirahat dan kemungkinan besar anda akan berakhir dengan cedera daripada kelihatan berotot dan tampan.

3. Safety Gear

Beberapa cara yang paling aman, khususnya dalam gym adalah menggunakan safety gear seperti wristlet, belt ataupun sarung tangan. cedera yang paling umum adalah cedera sendi/pergelangan, jadi silakan diperhatikan, kalau anda punya sedikit uang lebih dan aktif masuk gym, sisihkan beberapa ratus ribu rupiah untuk membeli safety gear, cedera otot lebih mahal daripada uang 100-an ribu loh.

cedera otot

4. Kurang Istirahat

Kurang istirahat membuat otot yang belum pulih dari micro-trauma akibat olahraga diperbaiki secara utuh, anda hanya akan merusaknya daripada membuatnya tumbuh.

5. jerk-off

Maksudnya, ketika anda mengangkat beban, anda memiliki posisi tubuh yang salah atau melakukannya dalam kecepatan yang kurang wajar padahal anda belum berpengalaman, kemungkinan besar anda juga akan berakhir dengan jeritan ala kebun binatang.

Anyway,

Beberapa cedera yang sering terjadi adalah:

1. Hernia

Pada dasarnya adalah jatuhnya isi organ perut ke skrotum, sangat umum terjadi di pria, khususnya atlit angkat berat atau sepakbola, bisa diakibatkan bawaan (keturunan rongga perut tipis/lemah). kalau mau tau lebih banyak, klik disini atau disini aja. Hernia tidak bisa diurut dalam dunia medis, operasi pun masih bisa kembali lagi kalau tidak hati-hati.

2. Cedera Sendi

Biasanya sendi terkilir, sampai dislokasi atau bahkan patah disekitar daerah sendi. inilah gunanya pemanasan, jadi sendi-sendi anda lebih siap. jangan melakukan gerakan yang tidak biasa dengan siku, lutut atau bahu anda, anda akan kelihatan seperti orang sok ngerti, dan kemungkinan besar sendi anda akan cedera.

3. Terkilir

Ligamen robek, atau otot yang terpelintir, biasanya sakit, dan itu artinya anda harus mengistirahatkan bagian yang sakit, kompres untuk mengurangi nyeri.  Umumnya terjadi karena trauma pada waktu loncat dan jatuh, atau memutar persendian terlalu jauh.

Kalau ada pertanyaan, hubungi saya lewat twitter saja.

Semoga Bermanfaat😀