Saya senang melihat traffic semakin ramai saja di blog ini, meskipun tidak banyak yang meninggalkan komentar, but it makes it worth while to write more.

Hari ini saya akan menjelaskan beberapa kesalahan yang biasa dilakukan di gym, apalagi jika anda pemula.

benchpress arnold

Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan di gym sepengetahuan saya, beberapa bisa mengarah ke cedera ringan sampai cedera berat:

1. Warm-up 

Pemanasan adalah proses ‘mempersiapkan’ badan untuk siap terhadap latihan, namun banyak sekali yang melupakan seberapa penting pemanasan dan langsung saja turun ke bench press/lat pulldown sebelum pemanasan yang cukup, pemanasan termasuk didalamnya stretching loh.

Warm-up yang baik adalah melakukan mini cardio seperti jalan kaki di treadmill selama 5 menit, jangan terlalu banyak juga, setelah itu lakukan stretching-stretching dasar di pergelangan kaki, lengan dan tangan, leher, lutut dan pinggang. jika anda sudah cukup stretching, dan badan mulai menghangat, baru mulai latihan beban.

Tidak stretching khususnya di bagian pergelangan/sendi lainnya biasanya berakibat nyeri sendi (arthritis), otot robek, terkilir sampai patah tulang, jadi silakan perhatikan pemanasan anda.

stretching

Cobra stretch seperti ini baik untuk tulang belakang

Stretching juga meluruskan tulang dan mampu membuat anda tumbuh lebih baik. dengan kata lain, anda bisa tumbuh lebih tinggi hanya dengan memperhatikan hal-hal seperti ini.

2. Jumlah Beban

Buang ego anda di pintu gym, anda tidak perlu memamerkan seberapa berat anda bisa mengangkat beban benchpress sehingga anda harus menaikkan beban angkatan anda tanpa latihan sebelumnya. saya mengerti anda memiliki hasrat untuk mempesona para wanita di gym, tapi kalau misalnya anda kena timpa dengan beban, anda hanya akan kelihatan seperti orang yang siap mati konyol.

 bench press 2

Ingat anda tidak sedang ikut contest ironman atau world’s strongest men. jadi anda tidak perlu menambah beban anda tanpa persiapan dahulu. memang benar anda harus menambah beban anda, cuma kalau gerakan anda masih salah ataupun anda cuma berniat pamer, silakan berfikir ulang, khususnya jika anda tidak menggunakan spotter.

Ingat, anda hanya boleh menaikkan beban angkatan jika:

a. anda sudah bisa melakukan 12 repetisi dengan baik dan tanpa kesulitan

b. anda memiliki spotter

c. gerakan anda sudah benar

d. anda sudah mencapai stagnasi

Kalau anda memiliki 3 dari 4 syarat dasar untuk melakukan angkatan beban, baru naikkan beban anda. tidak usah terburu-buru, nikmati saja.

3. Jenis latihan

Don’t get me wrong, saya tahu semua pelatih menyuruh anda melakukan isolation training (latihan beban terhadap 1 jenis otot saja per hari), tapi sebenarnya tidak ada batasan anda mau latihan apa, karena anda tidak ingin menjadi seorang binaragawan. selama anda cukup pemanasan dan anda tidak memiliki target spesifik bodybuilding (tambah massa otot spesifik) maka anda tidak harus berpaku kepada satu jenis latihan saja.

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu di gym, anda bisa melakukan latihan resistensi, cardio, supersets, isolation (pyramid sets, drop sets, explosive sets) dan banyak jenis latihan lagi, jadi jangan terlalu terpaku dengan satu jenis saja.

Saya tidak mengatakan isolation training itu jelek, saya hanya ingin menyadarkan bahwa anda memiliki pilihan untuk melakukan pola latihan yang lain. otot yang dibiasakan dengan satu jenis latihan saja biasanya akan stagnan karena anda kekurangan variasi, selain itu anda juga pasti akan bosan sendiri.

dumbell press jay cutler

Intinya, lakukan lah latihan beban dengan benar, nikmati prosesnya, dan kenali tubuh anda dengan lebih baik, karena pelatih manapun tidak akan mengerti tubuh anda sebaik diri anda sendiri.

semoga bermanfaat😀