hi readers. Happy Vesak Day~!

Cardiovascular adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan detak jantung, jadi semua cardio exercise adalah semua jenis olahraga yang meningkatkan detak jantung ke MHR (maximum heart rate). nah empty stomach artinya perut kosong (ini bener-bener translation ga guna).

Anyway, intinya hari ini saya akan menjelaskan tentang empty stomach cardio, apakah emang se-efektif yang dibilang oleh kebanyakan orang atau ini malah sebaliknya double edge knife; ternyata ada efek samping yang buruk.

cardio

Kalo kita pergi ke gym yang ramai, kita bisa perhatikan bahwa bagian treadmill, static cycle atau apapun yang berbau cardio exercise machine pasti penuh, karena persepsi orang bahwa cardio bisa membakar lemak dengan amat banyak.

apakah ini benar? iya, tapi juga tidak. mengapa? karena semua kegiatan cardio, membakar kalori dengan banyak tapi hanya ketika latihan. ketika anda selesai latihan, pembakaran kalori tidak sebanyak yang anda kira, but still better than nothing lah.

Nah, salah satu cara untuk mengakalinya adalah melakukan pembakaran kalori pada waktu yang tepat. salah satunya adalah ketika kita baru bangun pagi. terlepas tidak ada perbedaan banyak dari performa, tapi ada perbedaan ‘bahan bakar’. jadi pada dasarnya, ketika anda bangun pagi, glikogen didalam otot anda benar-benar hampir habis, ini alasan mengapa sarapan itu benar-benar penting.

Tapi hari ini, saya tidak akan menjelaskan mengapa sarapan itu penting, itu di artikel lain, ini tentang mengapa anda sebaiknya cardio dipagi hari SEBELUM sarapan.

cardio 2

Mau punya perut rata kan? Jadi begini, kalau otot kehabisan glikogen, maka badan akan dipaksa mencari sumber energi dari sumber lain, nah ada 2 jenis. protein yang didalam otot atau lemak didalam badan. bagaimana caranya membuat badan anda tidak mengambil asam amino dari otot anda? ya minum protein shake. tidak mengenyangkan dan memiliki protein yang banyak. yang saya sarankan sih whey isolate.

Empty stomach cardio bisa menjadi pisau yang menusuk anda dari belakang juga (duile) kalau misalnya badan anda membuat otot anda menjadi bahan bakar.  jadi selama anda punya cadangan protein yang siap dibakar bersama lemak, anda akan aman.

Tapi misalnya anda tidak punya suplemen gimana? ya ora opo opo. gausah empty stomach cardio, silakan cardio sore hari, atau sarapan sedikit sebelum cardio, atau melakakuan high intensity training, ini nanti saya ajarkan lah.

dream body kan? haha

Nah, yang lebih penting lagi, setelah anda melakukan cardio dipagi hari sebelum sarapan (jogging, brisk walking, power walk atau berenang) anda HARUS SARAPAN. hukumnya MUTLAK, kalau misalnya anda sudah cardio, badan anda benar-benar akan kehabisan glikogen, otot anda terkuras, badan anda juga harus membakar kalori, dan  sangat amat tidak disarankan untuk membiarkannya menghabiskan badan anda sendiri (membakar otot) meskipun anda sudah minum protein shake.

sarapan setelah empty stomach cardio adalah bagian terpenting, dengan kondisi badan anda yang kehabisan bahan bakar, adalah saat yang paling tepat untuk memakan karbohidrat simpel (yang langsung menjadi gula darah) seperti mi, nasi putih, roti tawar atau yang lainnya, karena karbohidrat simpel setelah olahraga tidak akan membuat anda gemuk. berbeda dengan persepsi semua orang yang melarang anda makan setelah olahraga, itu SALAH BESAR.

waffle

Mau makan waffle? mau makan shortcakes buat sarapan? mau makan mi? lontong? kuetiaw? silakan saja. tapi anda harus olahraga dulu, okeeeee?

Semoga bermanfaat.😀