Pagi ini miris sekali, saya buka artikel Dailymail disini  dan dapet berita Bethaney Wallace meninggal, such a waste, cewek secantik dia mati konyol hanya karena ketakutan psikologis dan persepsi terhadap diri sendiri. Padahal masih banyak laki-laki yang mau termasuk saya. Mati sebelum menikah itu adalah salah satu penyesalan terbesar seorang manusia. Yowes saya hanya bisa berharap semoga di alam sana dia nggak anorexia lagi.

bethaney wallace

R.I.P Bethaney, too bad you died young.

Anyway, hari ini saya akan menjelaskan tentang obsesi wanita terhadap kecantikan fisik, mari mulai dengan  salah satu eating disorder yang paling banyak di dunia setelah binge eating (makan berlebihan). yaitu anorexia bulimia.

Anorexia is potentially life-threatening eating disorder (most frequently occurring in
young women) that is characterized by an abnormal fear of being fat, prolonged avoidance
of food, excessive weight loss, and obsession with exercise.

Intinya sih, anorexia itu lebih bersifat psikologis, terjadi di kalangan wanita pada umumnya, karena laki-laki meskipun memiliki perut sebesar gentong kalo punya jaguar juga terlihat ganteng. orang yang cenderung anorexia akan merasa dirinya terlalu gemuk, meskipun berat badan/body mass index nya udah underweight. sangat amat berbahaya karena akan mengarah ke bullimia. setelah menahan diri untuk tidak makan apa-apa, ketika mereka makan, mereka akan memasukkan jari kedalam pangkal tenggorokan untuk memuntahkan semua yang baru mereka makan.

Dan ketika hal ini berlanjut, mereka akan terbiasa untuk tidak makan dan merasa mual ketika makan dan hanya akan berakhir dengan muntah. serem ya?

anorexia

Saya dengan susah payah memilih gambar yang nggak terlalu seram, karena kalau anda mencari google image dengan keyword anorexia bulimia anda cuma akan jijik sendiri.

Tau nggak kalau 10% dari semua penderita anorexia bulimia akan meninggal karena kekurangan kalori secara berlebihan? organ organ tubuh jadi tidak berfungsi dengan baik, metabolisme jadi sangat amat lambat dan lemas nggak bisa ngapa-ngapain. Penyebab anorexia bulimia adalah psikologis.

Banyak wanita yang terlalu obsesif dengan kecantikan luar sehingga mereka tidak merasa nyaman dengan diri sendiri. Padahal, kecantikan luar anda hanya tahan paling lama 20 tahun, mau bagaimanapun kecantikan anda akan pudar termakan waktu, anda akan keriput dan jelek juga, face it

miss indonesia

30 tahun lagi, fotonya udah nenek-nenek semua kok

Obsesi berlebihan pada kecantikan luar tidak akan membawa anda kemana-mana. Semuanya bersifat psikologis, anda tidak puas dengan kondisi sekarang, jadi anda merasa diri anda sekarang jelek, padahal sifatnya hanya persepsi.

Percayalah, laki-laki pun takut melihat wanita yang terlalu berlebihan terhadap obsesinya untuk menjadi cantik. anda menghabiskan waktu percuma, dompet suami pun terkuras kesana saja, suntik botox, implan payudara, diet tidak sehat, pil diet berbahaya, mesin getar perut yang tidak berguna (?)

Kalau anda merasa gemuk, olahraga dan dietlah secara sehat, jangan menyiksa diri sendiri secara berlebihan, kalau anda merasa kulit anda kusam, rawatlah kulit anda dengan baik, makan lebih banyak buah. ingat ini  ‘menjadi sehat berada didalam 1 koridor menjadi cantik’ baik secara fisik, maupun psikologis. anda punya penyaluran, anda sadar yang mana yang baik dan mana yang tidak.

Tapi, intinya. silakan menjadi diri sendiri. berbanggalah dengan diri sendiri. kalaupun anda tidak seksi seperti aktris hollywood yang sana-sini operasi, anda juga tetap cantik kok. jangan menggunakan standar yang tidak realistis. semua orang punya kelemahan kok. gemuk kalau sehat dan rajin olahraga lebih baik daripada yang kurus-kerempeng tapi sakit-sakitan dan tidak menikmati hidupnya kok.

Semoga Bermanfaat😀