hi readers~

kalo belum ngerti apa itu kalori, cek dulu disini ya. hari ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang konsep diet yang benar. nah, salah satu cara untuk mengurangi lapisan lemak yang berlebihan (minimal tidak menambah lapisan baru yang membuat baju baru anda kelihatan jelek) adalah dengan membatasi jumlah kalori yang masuk kan? Pembatasan kalori adalah SETENGAH dari fatloss equation. jadi hal ini sangat amat penting.

Nah, ada beberapa tips yang sebenarnya sangat gampang untuk dilakukan, tapi banyak orang tidak tahu/lupa.

1. Pembatasan kalori itu bertahap.

Ide yang paling dasar yang saya bisa bagikan terhadap semua orang adalah, pembatasan kalori itu adalah proses bertahap, anda yang seharinya mengkonsumsi 2500an kalori, akan sangat amat kesulitan untuk beradaptasi dengan 1800 kalori. jadi misalnya anda ingin mengurangi berat badan, lakukan secara bertahap. secara perlahan kurangi porsi makanan dan lakukan pemilihan makanan.

2. Perhatikan penyajian makanan

Cara pengolahan yang berbeda memiliki efek yang berbeda, makanan yang direbus/dikukus/dibakar biasanya lebih sehat daripada di panggang/goreng/asap atau di grill. sebisanya kurangi batasan margarin, garam dan minyak makan serta santan, dan lipatan perut anda juga akan berkurang

diet

3. Sarapan

Sarapan itu sangat amat penting, saya bahkan akan membuat artikel khususnya suatu saat. breakfast literally means to break an overnight fast. Semalaman tidak makan membuat gula darah anda jatuh dengan drastis, jadi silakan cukupi makanan anda di pagi hari. Orang yang biasanya memakan sarapan secara rutin memiliki porsi berat badan 20% lebih ideal daripada orang yang tidak memakan sarapan (FDA – Complete guide to men’s health).

diet lah lagi

4. Gunakan bantuan orang lain

Untuk mengurangi jumlah kalori, gunakan bantuan dari teman-teman, ajak mereka untuk hidup lebih sehat, lebih membatasi jumlah kalori secara wajar dan memerhatikan pola makan yang baik.  lebih baik jika anda tinggal dengan orang yang mampu masak, minta support mereka dengan melakukan pengolahan makanan yang lebih sehat (kukus/rebus/tumis).

Support dari keluarga atau pacar mampu membuat kita melakukan sesuatu yang kita rasa tidak mungkin sebelumnya loh.

5. Low-calorie foods, hi-protein

Banyak pilihan makanan rendah kalori zaman sekarang, low-calorie sweetener, low-fat/non-fat skim milk, yogurt, low-fat crackers, low-fat cheese, low-fat mayonnaise, diet soda, atau apapun namanya yang bersifat low-calorie/ low-fat tidak akan berefek apa-apa kalaupun anda memakannya dalam jumlah yang berlebihan.

Selain itu, silakan beralih ke makanan yang kaya protein, telur, udang, daging ikan, ayam, sapi ataupun kerang-kerangan, tahu tempe dan kacang hijau. protein lebih lambat terbakar daripada karbohidrat.

diet lagi, jangan baca doang

6. Night Snacks

Makan malam adalah sesuatu yang menyenangkan, kenapa anda hilangkan dari menu? Saya heran melihat banyak orang yang ngakunya diet tapi malah nggak makan malam, silakan pilih kudapan yang baik, misalnya buah-buahan, kacang almond atau salad buah dengan agar-agar. cracker low-calorie juga bisa dimakan kok, jangan makan berlebihan 2 jam sebelum tidur saja, agar lemak tidak bertambah.

6. Self-Control

ini adalah kuncinya, self-control. anda harus bisa menahan diri. tidak ada jalan pintas, anda harus mampu menahan rasa ingin makan, karena kebanyakan rasa lapar yang ada bersifat psikologis, bukan fisiologis readers.

Maaf update hari ini banyak kopi pahitnya. Semoga bermanfaat.😀