hi readers.

Saya akan bercerita tentang intensitas latihan hari ini. banyak beginner yang sudah mulai berolahraga tapi tidak tahu cara tepat untuk mengaturnya, ada yang terlalu banyak olahraga, ada yang terlalu malas terlalu sibuk untuk olahraga. Nah, frekuensi latihan itu pengaturannya cukup gampang. tergantung intensitasnya.

intensitas olahraga 1

Maksudnya? cukup gampang kok, otot itu butuh istirahat, dan adalah sebuah tindak kebodohan untuk melatihnya 7x seminggu tanpa istirahat yang cukup. apalagi anda yang ingin melihat perkembangan otot, anda harus ingat bahwa otot berkembang BUKAN sewaktu anda latihan, namun sewaktu anda istirahat.

Otot emang kelihatan besar dan tertarik sewaktu olahraga, namun otot hanya tumbuh sewaktu istirahat, jadi ingat hal itu dulu. anyway, yang perlu diingat adalah ini, pada dasarnya anda bisa melakukan olahraga intensitas tinggi setelah rekuperasi penuh/ anda juga bisa memilih untuk memilih olahraga intensitas rendah dengan frekuensi tinggi.

Jadi, misalnya anda olahraga 5x seminggu dengan durasi 30 menit itu kurang lebih sama dengan olahraga dengan metode 3 hari olahraga, 2 hari istirahat, kemudian 3 hari olahraga dan 2 hari istirahat dengan intensitas sedang, atau 1 hari olahraga dan 1 hari istirahat dengan intensitas tinggi.

Saya pribadi lebih senang dengan frekuensi tinggi 5x seminggu namun intensitas rendah, karena bersifat lebih aman, kecuali anda sudah sangat berpengalaman dan sangat paham dengan apa yang anda lakukan, anda bisa mencoba gaya lain.

Intinya, anda tidak boleh melakukan olahraga intensitas tinggi dengan frekuensi diatas 2 hari berturut-turut karena anda biasanya akan berakhir dengan cedera.

intensitas 2

Nah, idealnya olahraga dalam artian exercises (bukan ngepel lantai/nyuci mobil) perlu jadwal dan frekuensi tetap. Namun, jika anda malas sibuk bukan berarti anda bisa sembarangan olahraga dengan intensitas tinggi juga.

Karena, anda perlu tahapan untuk dapat melakukannya, apalagi jika anda masih pemula dalam dunia fitness, silakan memulai dengan perlahan, dan secara bertahap anda pasti bisa meningkatkan kualitas dan intensitas latihan anda.

intensitas 3

Jadi kalau misalnya anda sudah lama tidak olahraga dan mau memulai, jangan terlalu dipaksa ya. Nikmati saja prosesnya.

semoga bermanfaat😀