hi everibadeh~

hari ini posting saya lebih spesifik untuk para pemula yang mau mulai mencoba gaya hidup gym. bagi yang baru akan memulai, atau yang sudah mulai nge-gym tapi masih ragu-ragu, silakan dipantengin postingan ini ya.

Dengan begitu banyak alat-alat dan pilihan pola latihan, anda mungkin akan kebingungan kalau datang sendirian ke gym untuk pertama kalinya, tapi pada akhirnya, semua orang pernah memulai kan? everyone had their first time. Jadi silakan datang dengan pikiran terbuka dan sebuah tujuan dulu, olahraga + menjadi lebih menarik + menambah teman + sehat sudah cukup  kuat menjadi alasan bukan?

gym

Anyway, yang mau saya ajarkan adalah pola latihan. untuk pemula, yang perlu dilakukan pada dasarnya disebut circuit training. bahasa paling sederhana dari circuit training adalah coba saja semua alat gym, mulai otot-otot besar sampai otot-otot kecil, biasanya polanya dari (punggung-dada-bahu-paha-bisep-trisep-perut & obliques)

circuit training

keliatannya bingung karena banyak banget ya? nggak juga, lakukan sajalah dulu, anda akan mengerti dengan sendiri nantinya, it’s not rocket science.

Nah, untuk membantu anda melakukan semuanya dengan benar, anda membutuhkan seorang personal trainer. personal trainer adalah julukan untuk seorang pelatih gym yang mengerti dengan baik apa yang dia ajarkan yang mencakup pola latihan, variasi gerakan dan nutrisi. range harganya banyak, dari gratis (teman sendiri) sampe yang jutaan rupiah per sesi latihan. Anda membutuhkan personal trainer jika anda sibuk atau ingin menghemat waktu belajar.

personal trainer

Namun, jangan terlalu terpaku terhadap apa kata trainer, karena yang mengenal badan anda sendiri, adalah anda sendiri.

stan mc quay

Not even the most expensive personal trainer, Stan McQuay

Namun, dikarenakan badan kita yang biasanya tidak terbiasa dengan beban berat/latihan otot. anda akan terkejut ketika masuk awal latihan gym, otot otot tubuh akan mengalami banyak micro-trauma karena tidak terbiasa dengan latihan beban, namun hal ini BIASA SAJA. Jadi, tolong jangan lebay sampai harus update-update status dan kelihatan menyedihkan karena anda baru masuk gym, anda hanya akan kelihatan menyedihkan karena ketahuan tidak pernah olahraga.

rasa sakit setelah olahraga adalah arti bahwa otot anda sedang tumbuh, cukup penuhi konsumsi protein dan jaga pola tidur anda, setelah 2 hari anda akan sembuh sendiri. Coba sendiri aja. anda akan ketagihan dengan gym life, sangat adiktif, tapi dalam artian positif. selamat memulai readers😀

semoga bermanfaat