hi readers~!

maaf sudah lama baru saya sempat update blog. karena saya mahasiswa, pulsa modem saya bisa habis, dan baru beberapa hari sejak saya isi pulsa modem loh. hahaha

Anyway, hari ini saya akan bercerita tentang konsep diet dalam rangkuman baru. konsep terhebat yang saya pernah tau dalam diet adalah “kesederhanaan”.

karena faktor yang menentukan kesehatan, dimana-mana itu hanya ada 3, dalam 1 kata: gaya hidup. nah 3 hal yang saya maksud adalah. pola makan, pola latihan dan pola tidur. Nah, hari ini, kita akan berfokus pada diet, pola makan saja.

diet

Nah, khususnya para cewek-cewek, mereka sangat amat peduli ukuran, naik beberapa inci aja pinggangnya pasti update status, nah. tentunya yang sulit sekarang adalah menentukan diet itu gimana kan? banyak yang bingung, bukan karena kurangnya informasi, tapi terlalu banyak informasi yang bertolak belakang. Jadinya, nggak tau yang mana yang benar.

diet

generasi muda zaman sekarang menyebutnya galau

Namun, mereka kesulitan dalam mengatasi nafsu makan berlebih ya? hahaha. nah, diet zaman sekarang itu benar-benar membuat saya bingung, saking banyaknya. misalnya diet atkins, mediterranian diets, southbeach diets, detox diets, diet golongan darah, diet zodiak, diet pepaya. bodohnya lagi, banyak yang percaya karangan-karangan tersebut tanpa konsultasi ke pakar diet/dokter dulu.

Nah, beberapa diet dari yang saya sebut diatas mungkin saja bisa berhasil, namun kebanyakan mereka akan melakukan ping-pong. maksudnya gini, diet yang saya sebut diatas itu disebut fad diets. misalnya yang paling terkenal, southbeach diets, yang hanya memakan buah-buahan saja, buah buahan mengandung vitamin mineral dan sedikit karbohidrat kompleks, anda memang mengurangi asupan kalori dalam jumlah besar, namun gizi anda tidak terpenuhi sama sekali. itu sama saja dengan kebodohan.

Diet itu hanya membutuhkan kesederhanaan, anda boleh memakan semua yang anda mau, tapi dalam batas yang wajar, memakan 1 loyang pizza sendirian atau fast-food 1 bakul itu juga tidak akan membuat diet anda sukses. pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks, penuhi kebutuhan protein anda (sekitar 0.75gr per kg berat badan) dan kurangi asupan lemak. anda tidak perlu mengikuti diet-diet ekstrim yang membatasi pola makan anda, karena pada akhirnya, meskipun kurus, ada kemungkinan anda bisa jadi gemuk lagi.

diet3

Intinya, anda tidak perlu mengurangi pemasukan sumber energi makro (lemak, protein, dan karbohidrat) secara ekstrim. anda juga harus bersikap realistis, tubuh gemuk itu bukan hasil makan 1 minggu, jadi jangan ngarep bisa kurus dalam 1 minggu. 

dietlah secara sehat~! konsultasi dan bicarakan semuanya dengan pakar kesehatan/personal trainer anda dulu. semoga bermanfaat😀