Hari ini saya akan posting tentang sebuah momok bagi fitnesmania yg senior maupun junior. pertanyaan yang paling sering ditanyakan di gym, namun sering salah dijawab oleh member gym, bahkan yang sudah senior sekalipun.

perlu nggak pake suplemen?

biasanya pertanyaannya kyk gini:

“bang, perlu beli obatnya nggak?”

“kak, amino perlu dibeli?”

“mas, yang dimakan itu apa?”

“mas, susunya perlu dibeli nggak? mahal kan?”

“mas, susunya kok gede? *eh”

terlepas dari pertanyaan homo yang ada dibelakang. kebanyakan orang bertanya apakah penting untuk membeli whey, amino, creatine, glutamine, casein atau apapun jenis suplementasinya yang ditanyakan (akan ada pembahasan untuk jenis-jenis suplementasi nantinya, kalo saya ingat)

suplementasi. saya nggak promosi kok

saya seharusnya kasih sensor, tapi mumpung nggak pande photoshop, yowes anggap pura2 ga liat merk aja ya readers.

suplementasi 2

segitu banyaknya pilihan dan merk suplementasi yang mampu “membingungkan” gym rats yang sudah senior apalagi yang masih junior.

Nah, pertanyaannya sekali lagi, apakah perlu beli suplemen? jawaban saya hanya satu. Tergantung kebutuhan dan pola makan anda masing-masing.

Maksudnya?

gini, suplemen disebut suplemen karena bersifat tambahan, titik. kebanyakan kita tidak mampu memenuhi kebutuhan protein sehari dikarenakan kita sibuk, tidak sempat pergi ke pasar, memilih makanan padat protein, memasak dan memasukkannya kedalam kotak bekal untuk dibawa pergi kerja, sekolah atau kuliah kan?

Namun, kategori kurang protein juga bisa dibilang kurang tepat, karena anjuran FDA, laki-laki normal umur 20-29 hanya membutuhkan sekitar 56-60gr protein per hari. Namun, para gym rats yang mengejar massa otot membutuhkan protein dari 1gr-1,75gr per kg berat badan (massa otot murni).

suplementasi 3

Karena kebanyakan laki-laki hanya mendengar napsu saja, mereka menghabiskan uang percuma untuk membeli suplemen. intinya gini. Kalau makanan anda sudah cukup protein dan mineral-mineral lainnya, anda TIDAK butuh suplemen.

Ini terlepas dari profesi saya yang juga menjual suplemen, anda tidak harus makan bulat-bulat kata-kata penjual suplemen atau seorang gym rat senior yang (maaf) tidak memiliki latar belakang pengetahuan suplementasi yang cukup.

Keuntungan suplementasi? setau saya hanya ada 2.

1. Daya Serap

2. Praktis

Segini aja dulu deh, nanti saya update lagi, kalo ada pertanyaan hubungi di twitter aja ya readers.

Semoga bermanfaat🙂