Postingan blog kali ini terinspirasi dari lagu Arie Wibowo- Madu dan Racun yg belakangan ini saya baru tau akord gitarnya. Anyway, maaf ngelantur. Madu adalah salah satu suplementasi terbaik yang bisa diberikan oleh alam.  Bagian yang paling penting dalam konsumsi madu adalah memilih madu yang berkualitas.

In ancient times, this thick, sweet, golden liquid was thought of as a healing agent, a gift from the gods, and a symbol of wealth

Kutipan ini diambil dari Encyclopedia of Foods, dan emang bener kalo madu memiliki kandungan gizi yang disebut-sebut penyembuh. kandungan karbohidrat simpel yang tinggi menjadi salah satu pilihan favorit saya untuk menambah tenaga ekstra selagi melakukan sesi weight lifting.

madu

nah, sayangnya banyak pemalsuan yang terjadi, jadi ini beberapa cara dasar untuk ngelihat madu asli apa nggak:

1. Kental
Tingkat kekentalan madu tergantung pada kadar air dalam madu. Menurut FAO, kandungan air dalam madu yang bagus paling banyak sekitar 20-21%. Kalo madunya banyak buih biasanya madunya terlalu lama dibiarkan diluar, jadinya asam. Madu yang bagus memiliki kekentalan tinggi, bahasa kerennya, viskositas pekat. Jadi kalo madu diteteskan biasanya tidak akan menembus kertas koran. Selain itu, kalo dimasukkan kedalam segelas air, tidak bergerak dan larut begitu saja. Tapi gula aren yang dipanaskan juga memiliki kekentalan seperti madu. Jadi tetap hati-hati.

madu2

2. Madu tidak mengering dan membeku

Oleskan sedikit madu pada tangan, lalu jemur di terik matahari. Madu asli yang tidak bercampur larutan gula tidak akan menjadi kering. Sedangkan madu campuran akan membentuk lapisan kerak gula yang menempel di tangan. Biasanya madu asli juga tidak membeku kalo dimasukkan ke freezer. tapi madu yg dipanen dimusim hujan bisa saja kadar airnya tinggi dan membeku kalo dimasukin ke kulkas.

Masih banyak cara melihat madu asli atau nggak, dengan melakukan tes lab, refraktometer, tes kadar glukosa dan lain-lain. tetapi sepertinya semuanya terlalu repot.

Anyway, cara yang paling dasar ya liat aja harga ama siapa yg jual, cari penjual tetap, dan biasanya harga madu yg murni jauh lebih mahal daripada yang oplosan. rasa dan warna madu juga berbeda-beda. tergantung dengan jenis bunga yang dihisap oleh lebahnya. rasa bunga lengkeng dan durian terkenal paling enak. kalo umumnya di kota saya, biasanya dari bunga sagu, sawit atau pohon sialang, dan tidak ada yang enak sih.

Tau nggak? 1/4 liter madu itu dibuat sekitar 100.000 pergi-pulangnya seekor lebah. makanya disebut pemberian dewa.

Madu memiliki komponen kimia alami yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.

Selain itu, Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik . Hal itu hasil penelitian Peter C Molan ( 1992 ) , peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto , Selandia Baru. Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.

Aduh, maaf malam ini saya super cerewet. jadinya posting kebanyakan. Intinya madu bener2 mantep tenan deh, Cleopatra aja mengkonsumsi madu untuk kesehatan dan kecantikannya, kalo saya untuk nambah tenaga biar bench press kuat kyk gorilla.

semoga bermanfaat😀