Maaf sudah sedikit terlalu lama sejak saya meng-update blog. dikarenakan sok asik kesibukan yang bertubi-tubi. imlek juga belum masuk cap gomeh, gong xi fa cai everibadeh~!

cny

it’s year dragon, and it is said to bring fortune to everyone.

Anyway, readers. banyak fitnesmania yang suka lupa dengan beberapa otot yang penting, padahal little details didalam pembentukan otot adalah salah satu faktor penting dalam estetika otot secara keseluruhan. point-blank saja, otot yang sering terlupa adalah otot otot kecil; forearm, dan betis

1. forearm

otot lengan adalah salah satu otot kecil yang paling cepat tumbuh kalau mau dilatih dengan serius. otot lengan yang kuat bisa membantu kita dalam pull-up, barbell row, bicep curl bahkan sampai bermain tennis atau badminton ato panco.

forearm

dengan kecilnya ukuran otot lengan, anda tidak harus langsung membantainya dengan beban berat atau melakukan gerak eksplosif, cukup dengan gerakan negatif dan pernafasan yang tenang, naikkan repetisi secara perlahan. Gerakan yang secara umum saya pakai biasanya hanya wrist curl, reverse barbell wrist curl atau wrist roller (kalau gym lengkap)

wrist roller

wrist roller contohnya seperti diatas ini, alatnya beli aja di toko olahraga, atau kalo gym anda lengkap harusnya ada disana.

barbell wrist curl

ini adalah gerakan barbell wrist curl, jangan gunakan beban berat. untuk variasi, gunakan posisi tangan terbalik, jadi genggamannya diatas (lebih berat)

reverse wrist curl

ini adalah gerakan reverse wrist curl. salah satu gerakan dalam melatih otot lengan favorit saya.

Ingat! dalam melatih otot lengan, dikarenakan ukurannya yang lebih kecil daripada otot yang lain, gunakan beban yang lebih ringan, naikan intensitasnya secara perlahan, atau anda hanya akan berakhir dengan cedera.

2. betis (calf)

Nah, otot ini sangat penting bagi olahragawan yang membutuhkan kekuatan otot bawah badan seperti petinju, pemain basket, atau pemain bola. Namun, bukan berarti fitness mania boleh melupakannya, banyak gym rats yang memiliki badan atas yg kokoh tapi kaki yang cungkring, jadi kalo jalan keliatan kyk korek api, gede diatas doang.

calf raises

smith machine dengan barbell, ato mesin khusus ini bisa dipakai untuk latihan utama pembentukan otot betis. calf raises.

weight raises

kebetulan mbak-mbak peraga ini cantik, jadi saya comot dari google. anyway, gerakan dasar ini juga bisa dilakukan sambil duduk.

skipping

ini juga saya comot dari google soalnya mbak-mbaknya cakep.  Anyway, skipping adalah salah satu latihan otot betis terbaik, targetkan 10menit, kalau bisa 15menit jika anda sudah expert.

dua otot ini sangat sering terlupakan oleh kita, jadi ada baiknya jika kita mulai melatih otot-otot kecil ini. tidak susah kok. 2 minggu latihan dan hasilnya pasti langsung bisa terlihat. Semoga bermanfaat🙂