Maaf udah lama saya nggak update blog, dengan isu SOPA (stop online piracy act) yg heboh barengan, saya lg ngupdate blog aja semua bahan disensor karena yg punya wordpress kyknya protes nggak terima pakta wong amerika sono.

nah sebenarnya tadi saya mau ngupdate ttg forearm curl ama latian buat betis, tp gara2 request di twitter pada minta ttg SOPA, makanya saya ngupdate ttg SOPA hari ini.

sopa

SOPA ato Stop Online Piracy Act dan PIPA ato Protect Intellectual Property Act pada dasarnya sama kok, berdasarkan House Bill 3261 ato rancangan undang-undang 3261 tanggal 26 Oktober 2011. Mereka setuju untuk mengharuskan PEMBLOKIRAN terhadap situs yang melanggar copyright ilmu pengetahuan.

Pakta ini memberikan kuasa/hak bagi Departemen Kehakiman atau U.S Department of Justice untuk melakukan gugatan ke semua situs yang dianggap melanggar hak kekayaan intelektual.

Ga ngerti? cerna baik-baik. intinya mereka menolak segala macam isi/konten yang dianggap melanggar intellectual copyright, misalnya saya buat sebuah blog, berisi ilmu dasar menggoda cewek, terus nanti di copy paste ama orang lain, nah. intinya pencurian yg kyk gitu dilarang. Nah, kenapa heboh? karena semua situs yang kita tau itu bisa saja dianggap melakukan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

sopa2

The originally proposed bill would allow the U.S. Department of Justice, as well as copyright holders, to seek court orders against websites accused of enabling or facilitating copyright infringement. Depending on who makes the request, the court order could include barring online advertising networks and payment facilitators from doing business with the allegedly infringing website, barring search engines from linking to such sites, and requiring Internet service providers to block access to such sites

inti dari paragraf itu yg tadi saya jelaskan, setelah terjadi gugatan, bisaa aja situsnya diblokir paksa oleh pemerintah, dan kita nggak bisa mengakses situsnya lagi karena sensor dasar.

Niatnya baik? bener

tp caranya bener? SALAH TOTAL

mengapa? saya pribadi menganggap bahwa internet itu sebuah media open-source, jadi emang apa aja yang mau dimasukkin bisa, karena itu emang nature-nya internet seperti itu, orang mau masukin gambar dia lagi nari perut, lagi mabuk-mabukkan, masukin virus komputer, gambar bokep, e-marketing. semuanya bisa~

semuanya punya hak untuk meng-akses dan memasukkan dan meng-copas apapun yg mereka mau copas, meskipun kedengarannya radikal, tp intinya gini. anda tidak akan bisa menghalau terjadinya pencurian kekayaan intelektual terhadap MILYARAN manusia yang meng-akses internet setiap hari. Apalagi dengan melakukan sensor, yang terjadi malah orang bakal protes sana-sini.

Analoginya gini, mau majalah bokep dilarang dijual, pemerkosaan juga bakal terjadi kok, dan orang bakal temuin cara lain untuk membuat majalah bokep secara ilegal. jadi knp sibuk-sibuk sendiri? hahaha

Anyway, gobloknya lagi, Rancangan undang-undang ini menyatakan bahwa streaming konten berhakcipta tanpa izin adalah suatu tindakan kriminal, dan dapat dikenakan hukuman maksimal lima tahun penjara jika melakukan pelanggaran tersebut sepuluh kali dalam waktu enam bulan. Rancangan undang-undang ini juga memberikan kekebalan terhadap layanan internet yang secara sukarela mengambil tindakan terhadap situs yang melakukan pelanggaran, dan juga melakukan tanggung jawab atas kerugian setiap pemegang hak cipta yang sengaja salah mengartikan suatu situs web sebagai situs yang melakukan pelanggaran.

maksudnya, kalo kita mau copy paste, download media yang berhakcipta dengan seenak udel kita, kita bisa dipenjara sodara sodara~ terus situs yang nuntut kita bakal kebal hukum gara-gara udah dilindungi oleh pakta SOPA ini.

sopa3

 

Jadi inti dari SOPA? lindungi kekayaan intelektual anda (seperti buku, artikel ato ilmu pengetahuan atas nama anda yang sudah ada copyright) tapi kalo orang nyuri hasil kerja anda, anda boleh nuntut, terus dia masuk penjara, gitu loh~

Nah, berkaitan dengan Pakta SOPA ini. banyak banget yang protes, wikipedia pada tanggal 18 Januari 2012, melakukan blackout (pemadaman) seandainya mereka digugat dan teranggap tergugat oleh pakta SOPA ini. Tidak hanya Wikipedia yang melakukan blackoutterkait aksi protes ini loh readers, tapi juga situs besar seperti: Imgur, Tor Project, Miro, iSchool at Syracuse University, Oreilly.com, Reddit dan Mozilla juga melakukan aksi blokir sebagai protes.

Loh? kenapa protes?

ya gara-gara ada satu kata yg SANGAT AMAT SUBJEKTIF didalam pakta ini, yaitu copyright infringement, yang namanya  pencurian dan pengambilan ilmu pengetahuan itu kan ga jelas? copy gambar bisa juga dianggap pencurian, ambil ide utama dari satu situs/artikel juga bisa disebut pencurian, gitu loh

Nah, kenapa ada yang mendukung? saya nggak tahu jujur, mungkin financial driven people. kongres bisa dibeli suaranya kan? selain itu mungkin juga konspirasi *hahaha, saya mulai mengada-ada

soalnya kalo beneran ada sensor internet, maka akan terjadi penyatuan suara, ibaratnya, media bakal memberitakan apa yang mereka inginkan saja, jadi internet bisa jadi media doktrin sepihak, gitu loh.

sopa4

bayangkan kita surfing internet tapi semuanya terblokir.

Nah, sebelum anda semua muntah karena saya cerita kebanyakan, saya kasih link-link aja kalo mau pelajari sendiri. saya punya soft-file House Bill 3261 nya, jadi kalo mau, bisa dikirim via e-mail, contact aja saya dulu di twitter @yudisuseno

terus, ini link dari youtube juga bisa dijadikan referensi. tolong cocokkan

http://www.youtube.com/watch?v=l9oeJgrVrq0

semoga bermanfaat ya😀