dalam diet, anda sering mendengar kata kata yg berhubungan dengan kalori, saya juga ada membahasnya di artikel yang lalu, disini

hari ini saya akan menambah sedikit bahan pelajaran yang akan membantu diet para readers, alasan saya memberikannya adalah karena saya banyak mendapat pertanyaan serupa di twitter dan kaskus.

gimana caranya diet yang bener?

Kalori berhubungan erat sekali dengan diet anda. kalo jumlah kalori yang masuk lebih sedikit dari energi yang dilepaskan, anda akan mengurangi berat badan, kalau sebaliknya, anda akan bertambah berat badan.

nah, sekarang hitung-hitungan dasarnya, 1 gram karbohidrat memiliki 4 kalori, 1 gram protein juga 4 kalori, sedangkan 1 gram lemak memiliki 9 kalori. Namun, lemak dan protein terbakar lebih lama daripada kalori yang dihasilkan oleh karbohidrat.

Sebelum saya menjelaskan banyak lagi tentang sifat kalori, saya harus menyentuh isu yang penting,

“empty calories”

looks good? i know

makanan makanan diatas memiliki kadar kalori JAUH LEBIH TINGGI daripada makanan lainnya, dengan alasan mereka terbuat dari kalori kosong/empty calories, pada dasarnya, empty calories adalah kalori yang dihasilkan makanan tapi mereka tidak memiliki kandungan nutrisi apa-apa.

makanan seperti fast food dan snack dengan kadar gula tinggi memiliki kadar karbohidrat dan lemak super banyak, namun tidak memberikan kontribusi apa-apa ke badan kita, bahkan mereka cenderung tidak sehat karena menaikkan gula darah dan kolestrol dalam darah.

Jadi, dasar untuk diet sukses yang saya ajarkan hari ini ada dua,

1. naikkan rasio protein.

2. pilih sumber kalori berkualitas.

naikkan jumlah protein anda, karena mereka terbakar lebih lama daripada jenis makro nutrien yang lain, contoh yang baik adalah; dada ayam, kacang hijau, daging merah tanpa lemak, ikan, tiram dan kedelai.

untuk sumber lemak, saya tidak akan membahas banyak, namun yang perlu diingat, cari lemak sehat/ lemak tak jenuh yang berasal dari kacang-kacangan, minyak zaitun dan kanola.

untuk sumber karbohidrat, utamakan karbohidrat yang bersifat kompleks, terbagi dua (starchy dan fibrous), karbohidrat yang memiliki zat tepung/starch, seperti roti gandum, oatmeal, ubi kayu, ubi jalar dan nasi merah. dan karbohidrat yang memiliki serat/fiber yang berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

karbohidrat berserat seperti sayuran dan buah-buahan tidak akan menggemukkan, karena sejenis karbohidrat yang bernama selulosa tidak dicerna oleh usus dan hanya menjadi ‘alat angkut’ atau melancarkan pembuangan saja.

Intinya, kalori yang berkualitas memiliki fungsi yang baik untuk tubuh anda, dan tidak hanya ‘kosong’ seperti kalori dari gula dan fast food.

Tinggalkan kalori yang tidak berguna, dan konsumsi kalori berkualitas!

semoga bermanfaat😀