Posting kali ini merangkap 2 kategori, umum dan fitness-workout dan exercise, mungkin calisthenics kedengarannya asing bagi para gym rats dan readers, namun saya percaya semuanya sudah pernah melakukannya sebelumnya kok😀

semua orang memiliki kesibukan tersendiri yang terkadang membuat mereka banyak alasan tidak bisa mengalokasikan waktu untuk mulai berolahraga, nah, untuk orang yang sibuk seperti ini, calisthenic itu disiapkan.

anda hanya butuh;

sepasang dumbell

matras (nggak ada juga gapapa kok)

dan modal terbesarnya adalah, keinginan

seperti yang saya jelaskan tadi, semua orang sudah tahu apa itu calisthenics, semua orang melakukannya, nama lainnya adalah home training.

home training/Calisthenics adalah segala jenis latihan yang dilakukan dengan singkat, tanpa harus ke gym, dengan modal yang sedikit pula.

saya akan membaginya menjadi beberapa bagian, namun favorit semua orang yang baru mulai olahraga biasanya di bagian core (abs/perut), silakan disimak baik baik.

yang pertama, air bike, baring dan angkat kaki anda 90 derajat dan dengan gerakan mengayuh sepeda, naikkan leher anda, namun punggung tetap harus dalam berada kondisi terkunci.

sit-up

leg raises (baring dan angkat kaki anda, sewaktu turun, jangan diturunkan sampai penuh, angkat lagi dan buang nafas)

dan jika anda sudah expert, hanging leg raises

untuk bagian dada

Dumbell Bench Press

untuk trisep

Bench Dips

dan untuk bagian paha, pantat dan betis.

Step up (kalo udah expert, tambah dengan dumbell sepasang kiri kanan untuk intensitas lebih tinggi)

dan squat (anda juga bisa menggunakan dumbell untuk menaikkan intensitasnya)

 

ini hanyalah satu contoh program calisthenics saya pribadi, silakan lakukan semuanya dengan jumlah 3 set x 12 repetisi per gerakan, kalo anda benar-benar sibuk, setiap gerakan 2 set x 90 detik.

cara penghitungan yang berlaku bagi semua gerakan:

jika anda bisa melakukan 8-12 repetisi, berarti bebannya pas dengan anda, diatas 12 repetisi, maka bebannya terlalu ringan, dan jika hanya dibawa 8 repetisi, maka bebannya berat.

silakan dicoba dirumah,. semoga bermanfaat😀