salah satu bagian penting dari torso adalah otot dada (pectoral), cara yang paling saya senangi secara pribadi adalah melakukan push up. gerakan standar yang tidak membutuhkan apa apa selain badan anda ini sangat efektif dalam membentuk postur tubuh ideal, gerakan push up pada dasarnya adalah gerakan mendorong tubuh anda dari tanah, dengan menumpu pada hanya kaki dan tangan anda.

bentuk dan variasinya ada banyak, namun saya tekankan, gerakan ini sangat amat mudah dan anda tidak membutuhkan biaya sama sekali, cuma ada 2 hal penting; kemauan dan sedikit obsesi untuk olahraga saja😀

untuk para cewek yang masih baru memulai, tidak harus memulai dengan gaya militer seperti itu, silakan coba dengan bertumpu dengan lutut/ knee pushup

knee pushup

dengan bersandar pada lutut seperti ini, anda tidak akan keberatan untuk memulai olahraga ini,

Lanjut😀

untuk push-up, banyak yang mengeluh dengan saya bahwa gerakan ini nggak efektif, tapi setelah dicek ulang, yang tidak efektif adalah pola latihannya

maksudnya? oke, mereka hanya push-up 10 kali terus udah ngeluh, untuk push-ups, saya lebih menyarankan untuk menaikkan intensitasnya, caranya ada 2

1. menggunakan beban di punggung

2. menambah waktu

cara pertama gampang, anda tetap melakukan gerakan dengan repetisi 8-12, cuma tambah beban dipunggung (bisa weight plate, bisa juga ransel diisi beban)

cara kedua adalah favorit saya, silakan hitung stopwatch dan mulai sampai 3 menit, normalnya laki laki bisa sampai 70 reps per 3 menit, targetkan 100 paling tidak, dan rasakan efek dari gerakan dasar ini😀

variasi lain pushup;

incline pushup, yang mengejar otot dada atas.

atau wide grip push up yang memberikan stimulasi di otot dada bagian luar.

close grip push up yang melatih otot trisep

dan favorit saya, explosive push ups (populer banget ama bruce lee)

ingat, nggak harus tepuk tangan, itu cuma supaya semangat aja kok😀

silakan diamalkan, semoga bermanfaat😀