oke, hari ini saya akan melanjutkan posting kemarin, bodybuilding itu seni memahat badan, dan tidak semua orang bisa mengapresiasinya, namun fans tetap untuk bodybuilding selalu akan ada, dengan pertimbangan memahat badan membutuhkan komitmen luar biasa.

anyway, setelah Larry Scott terkenal, majalah fitness mulai berkembang pesat dan mempercepat sosialisasi bodybuilding, nama yang menyita perhatian publik selain Scott adalah Dave Draper.

berasal dari california juga dan memiliki muka yang khas california membuatnya berada dihampir semua cover majalah fitness. Dave ‘Blond Bomber’ Draper memenangkan Mr. America taun 1965 dan Mr. Universe 1966.

definisi dan ketebalan punggungnya benar benar bagus menurut saya secara pribadi.

mereka berdua adalah ikon fitness gemilang pada masa itu. anyway, ini saya dapet dari google, ada foto dave draper udah tua masih nge-gym, way to go old tiger!😀

Lanjut deh😛

superstar bodybuilding yang terkenal selanjutnya adalah Sergio Olivia, merupakan orang asli Cuba yang berpindah ke kewarganegaraan Amerika Serikat dalam kontes bodybuilding.

dan ini pose signature oliva, V pose.

Sergio Oliva adalah dominator, dia mendominasi bodybuilding tahun 1960an, dia memenangkan gelar Mr. Olympia dari tahun 1967 sampai 1969, bahu luar biasa besar, dan ukuran lebar dada yang hampir menyentuh 60 inci (sangat besar, bahkan untuk ukuran sekarang).

ketenaran Oliva berlanjut hanya sampai Arnold Schwarzenegger muncul di akhir tahun 1960an, dengan karisma luar biasa, dan badan yang hampir sempurna, Arnold menaikkan standar bodybuilding, dan menyentuh level selebritas. semua gym rats era itu menjadikan arnold sebagai panutan mereka.

Arnold adalah satu-satunya bodybuilder yang teringat dengan hanya first name Arnold, bodybuilding menjadi identikal dengan namanya. salah satu bodybuilder yang terinspirasi dengan Arnold adalah Lou Ferrigno. yang jauh lebih besar  daripada Arnold, Lou dengan tinggi 6’5″ dan berat 260 pounds, sekitar 130 kg, memenangkan semua titel Mr. Olympia, America dan Universe diakhir tahun 1970an sebelum melanjutkan ke show business seperti Arnold.

benar-benar deh ini daging semua.kalo mau tau lagi, Mr. Ferrigno yang bisa membuat Arnold kelihatan kecil ini terkenal dalam seri Incredible Hulk.

Ok, emang bentuknya aneh kalo udah jadi hulk.

anyway, Lou Ferrigno adalah tombak ujung bodybuilding klasik, setelah dia era modern dimulai.

semoga bermanfaat