It’s never too late to start strengthening and shaping your muscles

bodybuilding adalah olahraga yang cukup terkenal diseluruh dunia, olahraga dengan pengorbanan keringat, darah, dan usaha serta material yang tidak sedikit ini mulai sekitar abad ke 20 (Mr. Olympia) tapi jauh sebelum itu, konsep bodybuilding tidak ada, yang ada namanya ‘strongmen’. di sekitar akhir 1800an, pada tahun 1890, seorang laki laki yang bernama Eugen Sandow mengubah konsep dimana strongmen pada masa itu tidak memiliki kadar lemak rendah, (biasanya perut mereka besar-besar meskipun tetap berotot)

waktu itu Mr. Sandow berpose hanya dengan selembar daun yang menutupi badannya (i know it sounds crazy)

tiba tiba popularitasnya langsung melejit beriringan dengan penjualan dumbell (sepertinya karena dia terlalu gila karena hanya menutupi aset negara dengan selembar daun)

Anyway,

pada tahun 1903, kontes bodybuilding pertama di Amerika dimulai,  America’s Most Perfectly Developed Man, diadakan di New York, Madison Square Garden. hadiah utamanya 1000 USD. Tahun 1921, pemenangnya bernama Angelo Siciliano, yang kemudian mengubah namanya menjadi Charles Atlas, dengan menjual konsep workout bernama Dynamic Tension. dan dia menghasilkan duit jutaan dollar dari penjualannya di majalah dan komik.

ini charles atlas, contoh komiknya

ntar ceritanya laki laki kurus ini kalah ama bully, terus dia ikut workout session ama programnya atlas, terus balik lagi udah berotot, baru bales dendam dan menyelamatkan ceweknya.

Lanjut😀

era modern bodybuilding mulai sekitar tahun 1960an, oleh Larry Scott, badannya nggak tinggi atau besar kayak Jay Cutler/Ronnie Coleman, cuma bisepnya hampir 20 inci besarnya! Larry Scott menang kontes Mr. Olympia yang pertama dan kedua, tahun 1965 dan 1966, dia berasal dari California.

Larry Scott menganggap bahwa tidak ada yang lebih hebat daripada otot bisep yang menonjol, dengan metodenya sendiri, dia menciptakan preacher bench/Scott bench, dasar dari bicep machine.

untuk sementara sampai disini dulu deh, capek ngetik ama milih gambar, sumber dari ini buku Gold’s Gym guide to bodybuilding, saya extract dan translate sendiri, kalo mau softfilenya boleh contact saya di twitter @yudisuseno

Posting selanjutnya bakal ada Lou Ferrigno ama Arnold Schwarzenegger, silakan dishare dulu

semoga bermanfaat😀