Semua orang suka menabung, karena menabung membuat anda menjadi kaya. sebagai calon pemimpin masa depan yang memiliki masa depan cerah, menabung dianjurkan. Namun, tabungan yang akan saya bicarakan hari ini, tidak ada hubungannya dengan kurs rupiah yang memble dan sibuk akan di denominasi tahun 2013.

ada gayus tuh..

saya tidak akan memberikan gambar feses, karena sepertinya tidak bermoral sekali untuk seorang admin ngepost gambar tidak senonoh. OK, anda seharusnya sudah nyambung sekarang, yang saya maksud adalah tabungan (buang air besar) di pagi hari.

Kebiasaan buang air besar yang normal frekuensinya adalah 3 kali sehari sampai 3 hari sekali. Seseorang dikatakan mengalami konstipasi bila buang air besarnya kurang dari 3 kali perminggu atau lebih dari 3 hari tidak buang air besar, selain itu anda juga termasuk sembelit jika diwaktu anda menabung, anda mengalami kesulitan dan anda mengernyit sendiri.

Lanjut😀

penyebab konstipasi secara umum adalah:

1. Kebiasaan buang air besar (BAB) yang tidak teratur.  Salah satu penyebab yang paling sering menyebabkan konstipasi adalah kebiasaan BAB yang tidak teratur. Pada keadaan normal secara teratur kolon harus dikosongkan sekali dalam 24 jam, bayangkan jika anda tidak teratur, anda hanya akan menumpuk residu (sisa pembuangan didalam kolon/usus anda)

2. Pola makan/diet. Makanan lunak dan rendah serat yang berkurang pada feses sehingga menghasilkan produk sisa yang tidak cukup untuk merangsang refleks pada proses defekasi (keinginan untuk menabung). Makan rendah serat seperti; beras, telur dan daging segar bergerak lebih lambat di saluran cerna. yang membantu ‘memenuhi’ saluran buangan anda karena pergerakan mereka yang sulit.

3. Laxative. atau disebut juga obat pencahar, dikutip dari nursingbegin.com laxative mempengaruhi kerja badan sehingga badan lupa cara melakukan defekasi. pemakaian berlebihan juga berakibat diare.

masih ada beberapa risk factors lg seperti umur, pemakaian obat-obatan kurang olahraga. Namun ini adalah risk factors yang kurang dominan dibandingkan 3 diatas.

sekarang, cara untuk mengatasi konstipasi,

beberapa risk factors ada didalam kendali kita, yang paling penting. alokasikan waktu untuk menabung dengan teratur, makanlah lebih banyak buah dan sayur, dan jangan mengandalkan obat pencahar.

saya akan singkat saja, satu hal yang pasti adalah; jumlah air dan cairan membantu anda mencerna lebih baik, yang mana juga menjadi alasan buah-buahan bagus untuk pencernaan, kalau anda sedang konstipasi parah, ikuti saran saya,

1. bangun tidur, minum segelas air hangat, jika sudah, makan pepaya dan pisang SEBELUM sarapan, jika anda tidak memiliki masalah dengan asam lambung. silakan tambahkan nenas. jika anda memiliki masalah dengan lambung, pepaya dan pisang saja sudah cukup

2. olahraga rutin, minum air DIATAS 2 liter per hari.

Jangan pernah meremehkan konstipasi karena konstipasi berkelanjutan (kronis) bisa menyebabkan radang, bahkan kanker kolon. selain itu pendarahan parah dan beberapa penyakit yang membuat anda menyesal tidak makan sayur dan buah-buahan itu

Silakan dishare, semoga bermanfaat😀