Sebagai nutrisi utama, air sebagai sumber kehidupan sering dianggap remeh, padahal badan kita 2/3 nya adalah air (diatas 70%). Air melakukan hampir semua proses penghidupan kita, air membuat temperatur badan stabil, membawa nutrisi dan oksigen kedalam sel dan membuang residu pembakaran dan air juga menjadi semacam bantalan yang menahan sendi dan melindungi organ dan jaringan badan (Encyclopedia of Foods; Healthy guide to healthy nutrition. University of California Los Angeles: 2002)

OK, teori sangat membosankan dan saya mengerti sepenuhnya, namun inti dari paragraf itu adalah ‘air menjadi kebutuhan dasar anda untuk hidup’.

kekurangan jumlah cairan tubuh dengan drastis akan mengakibatkan dehidrasi, dan berujung ke pusing, muntah, kecapekan, kebingungan bahkan dalam kondisi ekstrim; kematian (masuk koran lokal juga-Pemuda/Wanita meninggal akibat dehidrasi parah). jangan anggap remeh air, ada dasar mengapa badan sangat memerlukannya,

Here comes the good news, badan anda dirancang dengan amat sangat hebat untuk memberikan tanda anda butuh air, bibir pecah pecah, haus, lemas dan suhu badan naik adalah tanda anda sudah butuh air. selain itu warna urin juga bisa dijadikan parameter, semakin (maaf) kuning urin anda, semakin dehidrasi anda artinya.

Sebaiknya konsumsi air per hari yang dianjurkan adalah 1.6 Liter, namun saya menyarankan kepada semua orang untuk minum setidaknya 2 Liter, lebih jika anda berolahraga, saya pribadi bisa menghabiskan 4-5 Liter per hari jika ada workout session.

Namun ada beberapa kesalahan dalam water intakes kebanyakan dari kita,.

1. yang dimaksudkan dengan air, adalah AIR PUTIH (Plain, mineral water). bukan es cendol, jus, minuman soda, kopi, teh ataupun milkshakes.

2. beberapa dari minuman berwarna (seperti soda,kopi atau teh) memiliki sifat diuretik-mengurangi cairan tubuh. yang artinya. anda harus minum lebih banyak air lagi jika anda penggemar minuman seperti ini.

OK, bagaimana dengan puasa? meskipun anda sedang berpuasa sekarang, tetaplah penuhi kebutuhan air anda, minum paling nggak 2 liter perhari, sewaktu sahur juga tingkatkan asupan air anda untuk mencegah dehidrasi.

Anyway, saya akan memberikan sedikit pelajaran hari ini,

hargailah apa yang anda punya sekarang. hargai air minum yang bisa anda minum sekarang karena banyak orang yang tidak memiliki akses air bersih diluar sana (ingat iklan air mineral indonesia dan kelaparan di afrika?)

hargailah apa yang anda punya sekarang juga

Silakan dishare, semoga bermanfaat😀