sebagai seorang yang bertinggi badan diatas rata-rata orang indonesia, saya mungkin bisa berbagi rahasia mengapa saya tumbuh dengan ‘ajaib’.

tinggi badan saya sampai hari ini kurang lebih 184cm. berat badan 80kg , namun percaya tidak percaya. dulu saya sangat gendut dan pendek,

not this bad though

OK, kebanyakan dari readers mungkin pernah dengar one-liner ‘tumbuh keatas gak kesamping’

dan kebanyakan dari anak anak zaman sekarang memang benar benar tumbuh gembrot dengan kelebihan berat badan, sayang sekali tumbuhnya berat badan anak anak tidak dibarengi dengan tinggi badan.

Lanjut😀

hari ini saya akan sedikit menjelaskan prinsip pertumbuhan.

kita sering terdoktrin dengan jawaban bahwa untuk tumbuh anda butuh kalsium yang banyak, banyak magnesium, fosfor dan mineral apapun yg dipromosikan oleh susu formula.

SAYANG SEKALI susu itu bukan alasan terbesar anda akan jadi tinggi!

biar saya luruskan, kalsium, vitamin D, magnesium, fosfor dan mineral lain memang memiliki dampak yang baik dalam pertumbuhan tulang, gigi dan menjaga organ tubuh seperti jantung dan lainnya, namun kita terlalu berharap pada susu dan melupakan apa yang seharusnya kita lakukan

yang akan membuat anda tinggi, adalah growth hormone

nama growth hormones ini dielu-elukan di dalam dunia olahraga, merangsang pertumbuhan badan, otot, menjaga kualitas hati, dan banyak fungsi lainnya.

badan memproduksi growth hormones tersendiri. cuma produksi hanya terjadi ketika anda tidur!

perbaiki kualitas tidur anda sekarang juga, tidur 8 jam, tidur dengan pulas, maka anda akan memproduksi growth hormones yang cukup. hal ini juga alasan mengapa anak bayi tumbuh paling banyak di masa awal pertumbuhan (bisa sampai 50% tinggi awal). dan anak bayi banyak tidur kan?

OK, jika anda sudah mengerti, jaga kualitas tidur anda sekarang juga! caranya?

tidur lebih awal, tidur yang cukup, perbanyak olahraga untuk menjaga kualitas tidur anda.😉

Jika kualitas tidur anda sudah baik, perbanyak stretching, olahraga tertentu (seperti basket/berenang/workout), dan baru dibantu dengan kalsium dan mineral lain.

Oya, sedikit tips

1. makan kalsium dengan vitamin D untuk mempermudah penyerapan.

2. badan anda hanya bisa menyerap 500mg per intake, jadi jangan berlebihan, bisa mengakibatkan pengapuran di ginjal

3. kebutuhan harian anda sekitar ~1000mg kalsium, bisa lebih bisa kurang.

Silakan dishare, semoga bermanfaat🙂