halo readers! sudah masuk bulan ramadhan. dan kebanyakan dari kita seharusnya sudah mulai berpuasa.

ingat dulu bahwa tujuan utama puasa ramadhan adalah pendekatan spiritual, merasakan kepedihan orang yang tidak bisa makan tiap hari, dan melatih kita lebih menghargai makanan kita sehari-hari. jadi saya selalu menghimbau berbukalah dengan makanan yang biasa saja, jangan terlalu mewah, anda hanya menghilangkan esensi dari puasa itu sendiri.

puasa pada dasarnya adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dari subuh hingga maghrib. termasuk menahan rasa lapar dan haus, tidak heran banyak yang tidak sanggup dan merasa bahwa puasa itu percuma. namun, tunggu dulu! saya akan memberikan sedikit penjelasan terhadap puasa.

puasa sangat berguna untuk kesehatan anda, puasa mengontrol level gula darah anda, dan mendetoks (buang racun) tubuh anda, bayangkan saja, 11 bulan kantong perut dan lambung anda mengunyah makanan dan hati anda bekerja mengatasi racun dan kebanyakan racun masih bersisa dibadan kita, bersembunyi dalam bentuk lemak.

nafas anda yang bau pada bulan ramadhan karena berpuasa adalah karena racun itu secara perlahan terbuang dari badan, dalam kondisi berpuasa, badan memasuki fase katabolik, dimana kita menggunakan lemak sebagai sumber energi (pembakaran lemak),

satu hal yang menarik dari berpuasa adalah badan kita juga mengalami penurunan metabolisme badan. badan kita tercipta secara alamiah untuk beradaptasi dengan kondisi sekitar, jika metabolisme badan lebih lambat, anda membakar kalori dengan lambat dan anda juga menua dengan lambat.

Lanjut😀

berpuasa sayangnya juga membakar sel otot (fase katabolik-badan membutuhkan asam amino dan menarik keluar dengan memecahnya dari otot), bagi binaragawan, hal ini perlu dihindari, dengan perubahan pola makan, tetap kejar kondisi dimana badan tidak perlu membakar otot, dengan cara memenuhi asupan protein di badan setelah berbuka puasa, sebelum tidur, dan sewaktu sahur.

Bagaimanapun, tidak ada alasan untuk tidak berpuasa bila tidak ada halangan, apalagi laki-laki tidak ada menstruasi. ingat saja beberapa guidelines dalam berpuasa:

1. berbukalah dengan kurma/madu/karbohidrat simpel yang cepat diserap tubuh, namun usahakan jangan terlalu banyak gula (gula merah+gula pasir+madu). gula darah anda akan melonjak tinggi dan berakhir dengan keadaan ngantuk dan lemas.

2. naikkan asupan protein lambat cerna sebelum tidur (whey protein/slow release protein) ataupun makanan padat juga lebih baik daripada tidak ada sama sekali

3. jaga asupan cairan dengan minum air putih 1.6 L paling sedikit, kopi/soda dan teh tidak termasuk dalam jumlah tsb.

4. makan sahur SANGAT PENTING, tingkatkan asupan serat dan protein karena mereka dicerna lebih lamban daripada karbohidrat simpel seperti nasi putih.

5. cari waktu untuk berolahraga sebelum berbuka/ sehabis tarawih.

Selamat berpuasa! nikmati prosesnya, lebih baik berjalan ditempat daripada mundur readers!

Semoga bermanfaat🙂