OK, langsung saja, hari ini saya akan memberikan list untuk mempermudah para readers.

1. sarapan

sarapan adalah menu wajib bagi anda yang ingin mengurangi berat badan, apabila anda melewatkan sarapan, pada jam makan siang gula darah anda sudah sangat rendah dan anda akan makan berlebihan. apalagi sarapan juga memberikan kontribusi terhadap konsentrasi, tenaga dan daya pikir anda.

2. air putih

saran yang baik yang sering didengar mungkin adalah 8 gelas (1.6 L). tapi menurut saya ini masih jauh dari cukup, usahakan 2 liter air putih per hari, lebih jika anda berolahraga, air adalah media detoksifikasi (buang racun), menjaga kelembapan kulit dan juga membantu pencernaan.

3. tersenyum

senyum adalah sedekah dan media pembuang stress paling cepat, sebarkan kebaikan dengan senyuman, kurangi stress anda, dan penyakit akan hilang. Senyum ibarat obat alami. Senyum bisa menghasilkan endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yang bisa mengendalikan rasa sakit.

4. tidur lebih awal

anda tumbuh sewaktu anda tidur. selain itu, nasehatnya selalu ‘tidur lebih awal, bangun lebih awal’. meskipun kedengarannya sepele. hal ini akan berpengaruh bahkan sampai kesehatan finansial anda readers!😀

5. berfikir lebih positif

paling nggak, anda tidak harus menolak semua kesempatan yang datang, dengan berfikir positif dan mencoba hal baru anda akan membuka peluang, termasuk gaya hidup sehat.

6. kurangi garam

sodium sangat berbahaya untuk anda, darah tinggi/hipertensi, setiap orang hanya memerlukan sekitar 2 gr atau 1,5 sendok teh garam setiap hari. Saat ini rata-rata konsumsi garam seseorang setiap hari di dunia adalah 5 sampai 6 gram per hari, bahkan lebih. kelebihan garam akan memicu pelebaran pembuluh darah yang berujung pecah dan stroke

7. makan buah

banyak dari kita yang mau ngemil tapi nggak tahu mau makan apa? makan buah saja, isinya kebanyakan hanya serat, air, vitamin dan mineral, kalorinya rendah dan mampu mengatasi radikal bebas. as the saying goes ‘an apple a day keeps doctor away’.  anda juga bisa makan sekeranjang kok, terserah anda

 

silahkan dishare readers. semoga bermanfaat😀