marilah kita lihat gambar ini sebelum mulai,

this picture explains a lot. banyak yang gak ngerti apa arti radikal bebas, hari ini saya akan bantu menjelaskan sedikit. setiap hari kita beraktifitas dan bernafas (ya iyalah) dan badan kita dimasuki segala jenis barang yang terlihat maupun yang tidak terlihat. beberapa dari mereka adalah radikal bebas. seharusnya sebuah molekul memiliki proton, neutron dan elektron, namun radikal bebas tidak memiliki elektron.

ketidakstabilan molekul ini mampu memicu rusaknya DNA dan RNA dan antek-anteknya, menyebabkan penuaan dini. benar, anda akan bertambah tua sebelum waktunya.

so true, getting old

alright, masih ada yang lebih seram, radikal bebas juga menyerang sel lain (mencari pasangan sembarangan) dan berakhir dengan perubahan sel yang bisa menyebabkan kanker.

inilah fungsi utama anti (auntie?) oksidan

antioksidan datang dengan peran membuat molekul yang tidak stabil tadi menjadi lebih stabil, dan tidak bersifat merusak. Oh ya, radikal bebas biasanya datang dari pola makan tidak sehat, polusi, debu, asap rokok, dan lain-lain.

jujur saya tidak pernah mengerti mengapa orang tidak mau makan buah-buahan padahal rasanya enak dan di indonesia tidak ada pajak buah impor sejak free trade zones.

Anyway, antioksidan berasal dari vitamin dan mineral. buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian. vitamin A, C, dan E serta beta-carotene (ada yang menyamakan dgn vitamin A) serta mineral seperti magnesium dan zinc menjadi pemasok utama antioksidan.

konsumsi makanan sehat dan olahraga lah untuk mencegah radikal bebas, saya tidak akan capek mengingatkan anda semua!

semoga bermanfaat😀