hari ini saya akan menjelaskan latihan dada,

otot dada/ pectoral adalah salah satu dari beberapa otot besar, dan merupakan otot utama di bagian depan badan kita. otot besar lainnya adalah otot punggung atau latissimus dorsi dan otot paha atau quadriceps. saya yakin anda juga mengidam-idamkan dada yang kokoh dan tidak kelihatan seperti dada wanita atau sebaliknya dada yang cekung kedalam.

beberapa artis yang terkenal dengan otot dada tebal diluar sana:

Vin Diesel

Dwayne ‘The Rock’ Johnson

dua-duanya terkenal dengan otot dada yang tebal, i guess picture speaks louder than word😛

Ok, jadi otot dada paling kelihatan jika anda menggunakan pakaian, dan wanita menyukainya, sekarang cara latihan untuk membentuk dada tebal. saya tidak akan membahas semuanya, hanya latihan yang paling pokok dari semuanya, yaitu, bench press

Bench press adalah latihan dada yang paling populer. Namun, tanpa teknik dan sikap tubuh yang baik saat melakukan latihan ini, maka bisa-bisa latihan bench press Anda tidak akan membentuk otot dada Anda sama sekali.

hari ini saya akan membahas dua bench press, yaitu Flat Bench Press dan Incline Bench Press.

flat bench press

flat bench press adalah roti dan mentega otot dada, baringkan kepala anda dibawah bar, keluarkan dari sarang, tahan diatas dulu, ketika anda sudah siap, turunkan beban secara perlahan dan waktu otot berkontraksi, naikkan beban keatas dan buang nafas anda. lakukan 8-12 repetisi, jika anda sanggup diatas 12 repetisi, tambah bebannya.

incline bench press

salah satu dari latihan dada terberat adalah incline press, jika anda masih pemula, anda tidak harus menerapkan wide grip seperti Ronnie Coleman ini, kasih jarak sekepal dari bahu anda saja. keluarkan dari sarang, ketika anda sudah siap, perlahan turunkan barbell sampai otot anda berkontraksi (tidak harus turun total) dan naikkan sambil buang nafas.

Ingat! Dari 3 otot utama yang terlibat, yaitu dada, bahu dan tricep, maka otot dada-lah yang paling kuat. Banyak orang terlalu menekan bahu dan lengan saat melakukan bench press. Cobalah untuk menekan dada tiap repestisi yang Anda lakukan agar otot dada benar-benar terstimulan oleh latihan ini.

naikkan beban secara bertahap dan konsentrasi, tekan dada anda sewaktu anda menaikkan beban keatas, gunakan spotter jika anda masih ragu dan nikmati latihannya!

Perbanyak porsi incline dan flat bench press, maka ketebalan otot dada anda akan mulai terlihat, happy workout guys!