Ketika kita ingin mendirikan rumah, maka yang harus didirikan pertama adalah tiang-tiang penyangganya, hal ini berlaku juga dalam dunia fitness

bagian upper body, membutuhkan fondasi, dan fondasinya adalah otot deltoid/ bahu.

banyak anggota gym saya yang mengeluh mengapa bench pressnya bebannya tidak naik-naik, atau lat pulldown tapi bebannya stagnan di berat tertentu. saya selalu menyarankan untuk melatih otot bahu duluan untuk mengejar otot yang lain karena otot ini ukurannya lebih kecil dari otot pectoral/ lateral namun fungsinya besar😀

bagian yang saya lingkari= bahu/deltoid

deltoid dibagi tiga, anterior (depan), samping (medial) dan belakang (posterior). saya tidak akan detail menjelaskan, karena nanti jadi kepanjangan, namun keuntungan melatih otot deltoid ada beberapa:

1. Bahu lebar membuat jas anda lebih menarik dipakai daripada tergantung

2. menambah lebar bahu 2,5 cm membuat pinggang anda kelihatan 2,5 cm lebih kecil

3. kekuatan anda di latihan otot yang membutuhkan tenaga akan bertambah

hugh jackman latian deltoid sampe keluar cakar

oke, sekarang ke contoh exercisenya,

shoulder dumbell press

anda bisa melakukan shoulder press dengan berdiri juga, inti gerakan, pinggang kunci, busungkan dada, letak dua dumbell diantara kepala anda, naikkan dumbell sampai tangan anda lurus dan buang nafas, turun secara perlahan dan naikkan lagi, ketika beban turun, hirup nafas, dan buang lagi waktu beban diatas.

shoulder press

eksekusi juga bisa dilakukan waktu duduk, pinggang dikunci, dada dibusungkan dan naikkan beban sampai tangan lurus, dan buang nafas, turun secara perlahan, tipsnya anda tidak harus turun sampai tangan anda tertekuk, ketika kontraksi, langsung tekan beban keatas sambil buang nafas.

arnold press

mirip dengan shoulder dumbell press, cuma bedanya ada putaran dumbell di posisi awal, lihat gambar dengan jelas, gerakan ini diciptakan oleh arnold schwarzenegger.

look at his shoulder! i ain’t joking, pure muscles

mungkin anda tidak bisa mengubah banyak struktur tulang yang sempit, namun anda bisa memadatkannya dengan otot. jika deltoid anda nantinya sekokoh Arnold, anda tidak harus malu memakai jas atau setelan t-shirt terbaik, mulailah latihan!

 

happy workout guys!